Home Teknologi Apakah Mengganti Baterai Mobil Listrik Dengan Cara Mengeluarkannya?

    Apakah Mengganti Baterai Mobil Listrik Dengan Cara Mengeluarkannya?

    152
    0

    Apakah Mengganti Baterai Mobil Listrik Dengan Cara Mengeluarkannya?

    Sumutdaily Bahkan dengan tidak menyentuh setirnya, mobil listrik dapat berputar secara otomatis ke stasiun pengisian baterai.

    Saya tidak akan mencolokkannya, sebaliknya, baterai akan ditukar dengan yang baru, di fasilitas di Norwegia. Milik pembuat mobil listrik Cina, Nio.

    Baca Juga : Mengefesienkan Baterai Dapat Mengisi Daya Mobil Listrik 60 Persen Dalam 6 Menit

    Teknologi ini sudah tersebar luas di China, tetapi Stasiun Pergantian Baterai yang baru. Tepat di sebelah selatan Oslo, adalah yang pertama di Eropa.

    Perusahaan berharap bahwa penggantian seluruh baterai akan menarik bagi pelanggan yang khawatir tentang jangkauan mobil listrik. Atau yang tidak suka menunggu atau mengantri saat  mengisi daya baterai.

    Sangat mudah untuk memesan no antrian di aplikasi Nio, dan begitu di dalam stasiun. Yang harus saya lakukan adalah parkir di sesuai dengan marka yang ditentukan dan menunggu di dalam mobil.

    Saya dapat mendengar baut dilepas saat baterai secara otomatis dilepas dari bawah. Kendaraan dan diganti dengan baterai yang baru yang telah terisi penuh.

    Dalam waktu kurang dari lima menit, saya siap untuk pergi lagi. “Anda tidak berdiri di luar dan membutuhkan waktu 30 hingga 40 menit [seperti yang Anda lakukan saat mengisi ulang baterai]. Jadi ini lebih efektif,” kata Espen Byrjall, manajer operasi dan tenaga Nio di Norwegia.

    “Tidak ada penurunan daya baterai. Anda selalu mendapatkan baterai yang sehat. Jadi, Anda dapat menyimpan mobil lebih lama.”

    Stasiun ini dapat menangani hingga 240 pergantian baterai setiap harinya, dan perusahaan berencana untuk membuat 20 stasiun pengisian baterai di Norwegia.

    Ini juga bermitra dengan raksasa energi Shell, untuk meluncurkannya di seluruh Eropa, dengan tujuan memasang 1000 pada tahun 2025. “Ini akan menjadi jaringan yang memungkinkan Anda mengemudi di seluruh Eropa,” kata Byrjall.

    Sebagai Alternatif

    Namun, dari showroom perusahaan Nio di pusat Oslo, perusahaan tersebut membuat model bisnis yang agak berbeda – di mana pelanggan membeli mobil dan menyewa baterai.

    Marius Hayler, manajer umum perusahaan untuk Norwegia dan Denmark, mengatakan ada beberapa keuntungan dari pendekatan ini.

    Sebagai permulaan, pelanggan tidak membeli bagian paling mahal dari mobil listrik yaitu baterai. Itu mengetuk sekitar £ 7.700 ($ 9.700) dari harga pembelian.

    Pembeli kemudian harus memperhitungkan langganan bulanan untuk baterai, yang berkisar dari £120 hingga £215, tergantung pada ukuran baterai.

    Tetapi dengan biaya itu datang keuntungan lain. “Anda akan selalu memiliki teknologi baterai terbaru,” jelas Hayler.

    Nio hanyalah salah satu pendatang Cina terbaru yang memasuki Norwegia, bersama dengan pendatang baru lainnya seperti Xpeng, Voyah, dan Hongqi, menjelang peluncuran Eropa yang lebih luas.

    Sudah ada setengah juta kendaraan listrik di jalan-jalan negara dan bertujuan agar semua mobil baru menjadi kendaraan tanpa emisi pada tahun 2025.

    Menurut Dewan Informasi Lalu Lintas Jalan Norwegia, 83% dari semua mobil baru yang dijual dari Januari hingga Maret tahun ini sepenuhnya menggunakan listrik, sementara hanya 6% yang memiliki mesin diesel atau bensin.

    “Norwegia telah digunakan sebagai pasar uji untuk beberapa waktu,” kata Oeyvind Solberg Thorsen, direktur kelompok lobi Federasi Jalan Norwegia.

    “Jelas bahwa merek-merek China akan datang ke sini. Kami memiliki serangkaian insentif yang sangat menguntungkan untuk mobil listrik.” Pajak rendah untuk kendaraan listrik (EV), infrastruktur pengisian daya yang tersebar luas, dan fasilitas seperti pembebasan tol, akses ke jalur bus, dan parkir umum gratis, semuanya telah membantu Norwegia mencapai tingkat adopsi EV tertinggi di dunia.

    Didalam Pergantian Baterai Mobil Listrik, Didukung oleh raksasa teknologi China Tencent

    Nio menjual lebih dari 90.000 mobil tahun lalu, hampir semuanya di China, di mana ia telah mengoperasikan lebih dari 800 stasiun pertukaran baterai.

    Penjualan di Norwegia masih ratusan, namun pendatang baru itu berencana masuk ke Denmark, Swedia, Jerman, dan Belanda tahun ini.

    Saat ini, perusahaan tidak berbagi stasiun pertukaran baterai dengan pembuat mobil lain tetapi telah menyarankan itu akan terbuka untuk produsen lain yang memanfaatkan teknologi.

    Itu mungkin membantu mempopulerkan sistem lebih jauh sehingga benar-benar bisa dengan mudah diakses di Eropa.

    Matthias Schmidt, seorang analis dari Schmidt Automotive Research, mengatakan bahwa sistem seperti itu dapat memungkinkan penggunaan baterai yang lebih kecil dan lebih ringan, yang pada gilirannya membantu meningkatkan efisiensi kendaraan.

    Namun, dia skeptis apakah pertukaran baterai akan diadopsi secara luas di Eropa, karena titik pengisian cepat menjadi lebih umum dan mudah.

    “Kuda itu kemungkinan sudah melesat,” katanya. “Peluncuran jaringan pengisian cepat di jalan raya akan menjadi kunci untuk maju sekarang.”

    Tapi dia pikir teknologi itu bisa efektif untuk sektor-sektor seperti taksi: “Waktu henti yang singkat [untuk mengisi ulang] adalah kunci untuk taksi dan ini bisa ideal untuk orang-orang seperti mereka.”

    Meskipun ini adalah ruang yang sulit untuk dinavigasi, satu dekade lalu, perusahaan Israel meluncurkan inovasi serupa, tetapi gagal total dan bisnisnya bangkrut. Sementara, pembuat mobil Tesla juga mengujicobakan konsep tersebut tetapi tidak mengejarnya.

    Mr Hayler menganggap waktunya tidak tepat untuk perusahaan-perusahaan ini, dengan mengatakan itu “terlalu dini”.

    Terlepas dari kegagalan awal itu, perusahaan lain siap menggunakan model pertukaran baterai.

    Pembuat mobil Geely dan Aion baru-baru ini meluncurkan sistem mereka sendiri di China. Dan produsen baterai CATL juga telah mengembangkan fasilitas, yang disebut EVOGO.

    Startup California, Ample, sedang mengerjakan teknologi serupa, dan Honda, Yamaha, dan Piaggio. Juga bekerja sama untuk menawarkan baterai yang dapat diganti untuk sepeda motor listrik dan kendaraan ringan.

    Manfaat lain pergantian Baterai Mobil Listrik

    Mungkin sangat menarik bagi pelanggan yang tidak dapat dengan mudah mengisi daya mobil mereka di malam hari.

    “Di Cina ada lebih banyak apartemen daripada yang Anda lihat di Eropa Utara. Mereka menggunakan stasiun power swap terutama untuk mengisi ulang mobil,” kata Hayler.

    Di Eropa, lebih umum memiliki jalan masuk tempat pengisian daya di rumah dapat dipasang. Jadi, stasiun swap mungkin digunakan sebagian besar untuk meningkatkan atau menurunkan jenis baterai, jelas Hayler. “Tapi kita akan lihat.”

    Sementara itu, pemasangan infrastruktur pertukaran baterai tetap lebih mahal daripada titik pengisian daya. Beberapa orang menyarankan pada akhirnya mungkin tidak perlu menukar baterai sama sekali.

    Setiap tahun pengisi daya semakin cepat dan baterai lebih tahan lama: pada bulan April model Mercedes-Benz melaju 1.000 km dengan sekali pengisian daya .

    Dan bahkan Nio tidak bertaruh sepenuhnya pada pertukaran baterai, itu juga memasok pengisi daya rumah dan memasang pengisi daya super di jalan juga.

    Previous articleMengefesienkan Baterai Dapat Mengisi Daya Mobil Listrik 60 Persen Dalam 6 Menit
    Next articleApa Itu Hepatitis Virus?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here