Menu
RSS
Penyidik Poldasu Panggil Beberapa Pejabat Asahan Terkait Kasus PMDU

Penyidik Poldasu Panggil Beber…

Sumutdaily.com,Asahan : T...

Kepastian dan Keadilan Hukum Bagi Rakyat

Kepastian dan Keadilan Hukum B…

Sumutdaily | Medan ~ Pene...

Alat Kelengkapan DPRD Sumut Belum Disahkan

Alat Kelengkapan DPRD Sumut Be…

Sumutdaily.Com|Medan. Sud...

Anggota DPRD Sumut Muhri Fauzi Minta Tinjau Izin PT. CCMO Di Langkat

Anggota DPRD Sumut Muhri Fauzi…

Sumutdaily.Com|Medan. Mas...

Jadi Gembong Curanmor, Buruh Bangunan Di Gelandang Polisi

Jadi Gembong Curanmor, Buruh B…

Sumutdaily.com,Asahan: M....

Ahmad Arifin Terancam 5 Tahun Penjara

Ahmad Arifin Terancam 5 Tahun …

Sumutdaily | Medan ~ Dakw...

Aliran Sesat Melarang Sholat

Aliran Sesat Melarang Sholat

Sumutdaily | Jakarta ~ Sa...

Wartawati Amerika Masuk Islam

Wartawati Amerika Masuk Islam

Sumutdaily | Chicago ~ S...

Ribuan Warga Palestina Masih Ditahan Israel

Ribuan Warga Palestina Masih D…

Sumutdaily | Tepi Barat ~...

Masyarakat Anti Aliran Sesat Minta Dukungan MUI

Masyarakat Anti Aliran Sesat M…

Sumutdaily | Jakarta ~ Um...

Prev Next

iklan 137 banner-yamaha-tengah

Prediksi LP3SU Empat Pasangan Calon Bupati Deli Serdang Bersaing Ketat

pilkada.dsSumutdaily.Com|Medan. Sesuai dengan surat keputusan KPUD Deliserdang No.01/KPTS/KPU-DS-655895/2013 tentang tahapan dan jadwal pemilihan umum Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Deliserdang Tahun 2013, maka pelaksanaan Pilkada Deli serdang hanya tinggal 3 bulan lagi, yaitu pada tanggal 23 Oktober 2013.

Sejumlah partai politik sampai saat ini masih belum menentukan siapa yang akan mereka usung, dan biasanya calon dari partai politik akan ramai pada menit-menit terakhir. Sedangkan untuk pasangan dari calon perseorangan KPU Deli Serdang memverifikasi sebanyak 7 (tujuh) pasangan bakal calon dan akan diumumkan pada tanggal 14 Juli 2013.

Meski demikian, para bakal calon jauh-jauh hari telah mendeklarasikan diri dengan pemasangan baliho dan atribut lainnya seperti para bakal calon dari partai politik, Akhmad Tala’a, Anshari Tambunan, Muhammad Idris, Rusbandi, Hj. Fatmawati, Hotlan Butar-Butar, dan dari calon perseorangan Musdalifah-Syaiful Syafri, Sudiono Praka-Haris Binar Ginting, Sihabudin-Namaken Tarigan, Harun Nuh-Bambang Hermanto, Anggiat Sihite-Persadaan Munthe, Rabualam Syahputra-Purnama Ginting, dan Eddy Azwar-H. Selamat.

Berdasarkan kajian tersebut diatas plus hasil survey yang dilakukan oleh salah satu partai melalui Lembaga Survey Indonesia (LSI) menunjukkan bahwa 60 % masyarakat Deli Serdang belum menentukan pilihan. Maka akan terjadi persaingan yang sangat tajam karena kekuatan para kandidat berimbang dimana petahana tidak lagi turun dalam pertempuran memperebutkan DS 1, meski demikian ada beberapa bakal calon yang memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding calon lainnya.

Lp3su merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat yang aktivitasnya berkaitan dengan Pemilu dan Pemerintahan, melalui ketuanya Abu Kosim, SH dan Ketua Dewan Penasehat LP3SU Tengku. Muhri Fauzi Hafiz, SE. MA. mencoba memprediksi kekuatan para bakal calon melalui kajian-kajian yang berkembang di masyarakat dan hasil lembaga survey serta penelitian lembaga indefenden maka yang bertarung ketat, diperkirakan pasangan calon adalah seperti tersebut di bawah ini :

1. Akhmad Tala’a – Waluyo Hadi

Figur dan sosok dirinya sangat dikenal oleh masyarakat Deli Serdang dan punya hubungan yang baik dengan semua kalangan, beliau yang akrab disapa dengan Tengku Ameck juga merupakan Sultan Serdang adalah Ketua DPD Partai Golkar Kab. Deli Serdang, dengan potensi pribadi yang dimilikinya tersebut merupakan modal dasar yang kuat untuk duduk diposisi DS 1.

Infrastruktur partai Golkar yang relatif stabil dan solid serta menguasai 6 kursi di DPRD, ini menjadi mesin politik yang produktif untuk mendulang suara. Kondisi Deli Serdang tentu berbeda pada saat Pilgubsu, pada waktu itu paket yang diusung oleh Golkar dan PPP adalah pasangan yang dipaksakan dengan tidak melihat realitas politik yang berkembang.

Dengan komposisi jumlah penduduk Deli Serdang yang lebih dominan etnis Jawa tentu jika Ameck berpasangan dengan Waluyo Hadi, maka ini menjadi kekuatan yang tak terkalahkan dan sangat besar kemungkinan tidak terjadi dua putaran. Waluyo Hadi adalah Ketua DPC Partai PPP Deli Serdang tokoh muda yang energik yang telah membawa perubahan bagi partai dan dalam era kepemimpinan Waluyo Hadi infrastruktur partai di dominasi dari kalangan muda.

Akmad Tala’a tokoh Melayu dan Waluyo Hadi tokoh muda dari etnis Jawa juga ketua partai Islam terbesar jika kedua kekuatan ini bersatu maka mereka dapat meraih 35 % suara.

2. Anshari Tambunan – Zainuddin Mars

Inilah bakal calon setengah incumbent, Anshari Tambunan adalah seorang pengusaha, ketua DPW NU Sumatera Utara juga adik kandung dari Amri Tambunan Bupati Deli Serdang. Berpasangan dengan Zainuddin Mars Wakil Bupati Deli Serdang, dengan mendapat dukungan dari Partai PAN, PKB, PBB dan partai lain yang sedang dalam proses.

Pasangan ini harus diwaspadai, jika Anshari Tambunan mampu menggerakkan dengan baik, efektif dan efisien mesin birokrat, mesin partai dan mesin dananya besar kemungkinan pasangan ini yang akan menjadi jawaranya.

3. Muhammad Idris – H. Suprayetno

Muhammad Idris satu-satu bakal calon dari kalangan militer, lahir dan besar di desa Sampali tepatnya di komplek perumahan kebon kec. Percut Sei Tuan. Muhammad Idris bertugas pada Staf Kementerian Pertahanan RI. Dukungan partai yang mengusungnya yaitu 14 partai gurem dan kemungkinan dua partai para jendral, Partai Gerindra dan Partai Hanura.

Sosok Muhammad Idris anak melayu yang berani, cerdas dan cenderung idealis jika mampu mengerakkan mesin militer, mesin politik dan mesin dana maka peluang untuk duduk diposisi DS 1 sangat besar, apalagi jika beliau berpasangan dengan H. Suprayetno tokoh dari kalangan masyarakat jawa yang saat ini menjadi penasehat ormas Joko Tingkir Deli Serdang.

Selain itu H. Suprayetno yang mantan anggota DPRD Deli Serdang juga banyak didukung dari ormas-ormas jawa lainya yang siap memenangkan pasangan ini.

4. Hotlan Butar-Butar – Syarifuddin Rosa

Fenomena Pilgubsu bisa terjadi di Deli serdang jika pasangan Hotlan Butar-Butar dengan Syarifuddin Rosa yang didukung partai dari PDIP, PDS dan PPRN mengikuti jejak yang dilakukan Effendy Simbolon. Kunci kemenangan Hotlan Butar-Butar ada pada kekuatan basis partai pendukung yang militan.

Bahwa apapun yang terjadi pada Pilkada Deli Serdang memang cukup menarik untuk dikaji. Percaturan politik dan peta para kandidat merupakan fenomena yang menunjukkan dinamisnya suasana poltik di Kab. Deli Serdang. (abu kosim)