Kelompok Masyarakat 5 Kecamatan di Asahan Dibekali Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

12 Oktober 2017  |  Ekonomi  |  69 pembaca  |  oleh Susilo


Pelatihan pengelolaan budidaya ikan air tawar di Kecamatan Air Joman 

SumutDaily | Asahan  ~ Dinas Perikanan Kabupaten Asahan yang dipimpin oleh Oktoni Eryanto mengakselerasikan program pemerintah kabupaten demi mewujudkan masyarakat yang mandiri. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan pelatihan budidaya ikan air tawar di lima kecamatan terhadap kelompok masyarakat.

Kepala Dinas Perikanaan, Oktoni Eryanto disela kegiatan bimbingan dan pelatihan tersebut kepada wartawan, Rabu (11/10) mengatakan diharapkan dengan pelatihan budidaya ikan air tawar tersebut kelompok masyarakat yang mendapatkan pelatihan bisa bertambah pengetahuannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

“Karena sama kita ketahui budidaya ikan air tawar ini adalah peluang yang sangat terbuka dan memiliki nilai ekonomis jika dilihat dari aspek makro ekonominya bagi keluarga. Untuk itu kami melaksanakan kegiatan pelatihan ini,” kata Oktoni.

Oktoni menyambungkan adapun lima kecamatan yang mendapatkan kesempatan pelatihan budidaya ikan air tawar melalui kelompok masyarakatnya di ataranya kecamatan Simpang Empat, Air Joman, Tanjungbalai, Sei Dadap dan Setia janji. Masing-masing kecamatan terdiri dari lima kelompok masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Asahan berharap besar kepada kelompok masyarakat  yang sudah mengikuti pelatihan budidaya ikan air tawar ini dapat segera mengaplikasikannya serta menjadi guna nilai ekonomis,” tandas Oktoni kembali.

Sementara itu, Evi Diana salah seorang peserta pelatihan budidaya ikan air tawar dari Kecamatan Air Joman mengaku senang mendapatkan pembekalan pelatihan ini. Dia pun mengatakan dengan diberikannya pelatihan ini sesudah itu ia bersama kelompoknya akan langsung mempraktekkannya.

“Rencananya kami bersama kelompok ingin membudidaya ikan nila dan gurami di kolam terpal. Setelah mengikuti pelatihan ini kami bertambah ilmu dan pengetahuannya. Semoga usaha kami kedepannya berhasil,” ujar ibu rumah tangga dua anak ini. (Azhar Nasution)