Bupati Asahan Pastikan Puskesmas Gambir Baru Siap Ikut Lomba IVA Test Nasional

17 Juli 2017  |  Sumut Today  |  141 pembaca  |  oleh Susilo


Ketua PKK Asahan memberikan pengarahan kepada petugas Puskesmas Gambir Baru

Sumutdaily | Asahan  ~ Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang bersama ketua TP PKK dan pejabat lainnya melakukan peninjauan terhadap Puskesmas Gambir Baru yang mewakili Sumatera Utara menyusul kesiapan kedatangan tim penilai dari pusat dalam lomba IVA test Nasional, Senin (17/7/2017) mendatang.
 
“Peninjauan ini untuk mematangkan kesiapan Puskesmas Gambir Baru yang menjadi utusan Sumatera Utara dalam lomba tingkat Nasional. Semoga kita dapat meraih hasil maksimal,” kata Taufan didampingi Ketua PKK Asahan Winda Fitrika disela peninjauannya, Sabtu (15/7/2017).
 
Selain mengecek kesiapan puskesmas, pihaknya juga memberikan arahan kepada para dokter, perawat, kader posyandu dan masyarakat kelurahan Gambir Baru, agar saat menyambut tim penilaian nanti semua sudah siap memberikan keterangan kepada tim penilai.
 
Kemudian, ketua TP PKK Asahan juga memberikan penjelasan tentang IVA Test. Arti IVA adalah (Infeksi Visual Asam Asetat) merupakan penyakit kanker yang dialami oleh wanita di daerah Alat Reproduksi Wanita (Rahim), penyakit kanker ini memiliki tingkat kesembuhan yang rendah, menyebabkan angka kematian yang tinggi.
 
“Adapun gejala yang ditimbulkan antara lain, pendarahan sesudah haid, keputihan bercampur darah, nanah, bau, dan tidak gatat serta pendarahan sesudah senggama. Ini menjadi ketakutan khususnya bagi ibu-ibu karena mereka tidak mengetahui cara mendeteksi penyakitnya,” ucap Winda.
 
Winda turut menyampaikan sebenarnya hal ini bisa dicegah diantaranya dengan memberikan penyuluhan sosialisasi yang mendidik terhadap masyarakat terutama kaum ibu seperti yang selama ini dilakukan TP PKK Asahan.
 
“Usai mendapat penyuluhan kami merekomendasikan kepada para ibu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan deteksi secara dini,” jelasnya.
 
Akhirnya, iapun berharap dengan terpilihnya Kabupaten Asahan mewakili Sumatera Utara mengikuti lomba tersebut tidaklah jalan yang mudah karena penanganan IVA sudah lama menjadi program PKK Asahan. (Azhar Nasution)