Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan Apresiasikan Pemkab Asahan Bentuk BUMDes

17 Juli 2017  |  Sumut Today  |  128 pembaca  |  oleh Susilo


Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan Kemendes bersama Kabid Ekonomi dan TTG Dinas PMD Asahan didampingin Ketua BUMDes Makmur mandiri Desa Suka Makmur Asahan.

SumutDaily | Asahan ~ Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan Kemendes PDTT RI kunjungi BUMDes Makmur Mandiri di Desa Suka Makmur, Kecamatan BP Mandoge, Kabupaten Asahan.

Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan Kemendes PDTT RI, Prof Ahmad Erani Yustika mengatakan, salah satu langkah yang mesti dilakukan untuk menciptakan Desa Membangun Indonesia adalah mendorong perekonomian masyarakat desa melalui BUMDes.

"Kita mengapresiasi Pemkab Asahan yang telah berhasil mendorong Dinas PMD dalam membentuk Bumdes di seluruh Desa di Kabupaten Asahan," kata Ahmad yang didampingi Kabid Ekonomi dan TTG Dinas PMD Asahan.

Beliau juga berharapkan, Dinas PMD terus mendorong dan membina BUMDes di seluruh Desa di Asahan dan harus mampu menggali potensi yang ada di Desa untuk menghasilkan pendapatan desa.

Kabid Ekonomi dan TTG Dinas PMD Asahan, Muad Fauzi Lubis, Senin (17/7/2017) membenarkan bahwa pihak Kemendes pada Sabtu kemarin, telah mengunjungi Bumdes Makmur Mandiri di Desa Suka Makmur, Kecamatan BP Mandoge.

Ia juga menambahkan, saat ini sebanyak 177 Bumdes yang ada di seluruh desa di Kabupaten Asahan sudah terbentuk.

"Semoga dengan kunjungan Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaaan Kemendes RI ke Bumdes Makmur Mandiri selayaknya bisa dijadikan sebagai salah satu contoh bagi desa lain untuk mendorong perekonomian masyarakat di desa, guna mewujudkan desa mandiri, maju dan sejahtera," ujar Muad

Sementara itu, Ketua Bumdes Makmur Mandiri Desa Suka Makmur, Wister Pranoto mengaku bangga atas kehadiran Dirjen Kemendes yang tentunya tidak terlepas dari kerja dinas PMD Kabupaten Asahan, untuk meninjau Bumdes Makmur Mandiri.

"Baru pertama ini, kami dikunjungi langsung oleh Bapak Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan Kemendes PDTT RI," ujar Wister

BUMDes Makmur Mandiri saat ini bergerak dalam pengelolaan Sekolah PAUD, Pasar Desa dan Simpan Pinjam. (sdc)