Korsleting, Pasar Petisah Medan Nyaris Terbakar

15 Juli 2017  |  Peristiwa  |  108 pembaca  |  oleh Susilo


Percikan api di Pasar Petisah Medan

SumutDaily | Medan ~ Pasar Petisah Medan nyaris terbakar akibat korsleting kabel listrik di pintu bagian selatan menuju pajak ikan basement yang menghadap Jalan Rotan Medan, Sabtu siang (15/7/2017) jam 12.15 Wib. Sempat timbul percikan api besar.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun aliran listrik ke beberapa bagian di pasar tradisional terbesar di Kota Medan itu sempat dipadamkan untuk beberapa saat lamanya.

Seorang pedagang di basement Pasar Petisah, Mester Harahap menjelaskan, percikan api yang menghanguskan kabel instalasi listrik diduga karena kelebihan beban. “Kuat dugaan korsletik yang memicu terbakarnya kabel listrik itu karena kelebihan beban. Mungkin juga ada pencurian arus di sekitar pasar ini. Kalau tidak, tak mungkin jugalah kabel yang cukup besar itu terbakar,” katanya kepada sumutdaily.com di lokasi kejadian.

M Harahap mengaku peristiwa korsleting listrik itu diketahuinya dari telepon istrinya yang kebetulan masih berjualan di kios mereka di bagian basement. “Sebelum kejadian, saya sudah di rumah untuk istrihat, karena saya kerjanya malam. Namun, belum lagi sempat merebahkan badan, tiba-tiba masuk telepon dari istri saya yang menyatakan kabel listrik di atas kios kami terbakar dan nyaris menyambar lapak jualan kami,” ucapnya.

Untung saja, kobaran api dari kabel listrik yang terbakar itu tidak sampai membesar. Kalau sebaliknya, bisa dipastikan tak hanya lapak jualan M Harahap, tapi juga ratusan lapak pedagang di bagian basement akan musnah, termasuk seluruh bangunan Pasar Petisah.

Sebab, saat kejadian tak terlihat adanya tabung racun api di sekitar lokasi kejadian. Padahal, keberadaan racun api sangat vital, terutama untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lebih besar di Pasar Petisah. (sdc)