Ekonomi

Muhri Fauzi Minta Pemprovsu Proaktif Lindungi Bank Sumut

Anggota DPRD Sumut, dari Fraksi Partai Demokrat, meminta Pemprovsu melalui Gubernur Sumatera Utara, selaku pemegang saham mayoritas PT Bank Sumut, proaktif melindungi bank milik daerah tersebut, dari segala bentuk kebijakan yang dapat menimbulkan kerugian.

Muhri Fauzi menyampaikan hal tersebut, melihat kondisi PT Bank Sumut yang tersandung sejumlah persoalan, yang berdampak lahirnya ketidakpastian hukum.

Muhri Fauzi Hafiz

“Secara bisnis, memang PT Bank Sumut tunduk pada aturan-aturan Perbankan. Namun, pada sisi lain, karena Bank Sumut merupakan usaha milik daerah, maka harus juga tunduk produk-produk hukum daerah, seperti Perda dan sebagainya”,ujar Muhri Fauzi Hafiz, Jumat (0709/2018).

Muhri Fauzi mencontohkan, persoalan Ranperda laba ditahan PT Bank Sumut periode 2016 dan 2017, yang tak kunjung menjadi Perda (Peraturan Daerah).

Laba ditahan adalah, laba bersih PT Bank Sumut, yang ditahan dan tidak dibayarkan sebagai dividen kepada pemegang saham. Uang ini biasanya diinvestasikan kembali ke dalam perusahaan, agar menjadi bahan bakar utama untuk kelangsungan pertumbuhan perusahaan, atau digunakan untuk melunasi hutang-hutang perusahaan.

“Ini tentunya memprihatinkan, sehingga mengakibatkan investasi PT Bank Sumut, yang menjadi bahan bakar utama untuk kelangsungan perusahaan, tidak berlandaskan payung hukum yang kuat”,ujar Muhri Fauzi.

Menjadi pertanyaan, lanjut Muhri, siapa yang paling bertanggungjawab jika PT Bank Sumut mengalami collaps, akibat laba ditahan untuk investasi, tidak memiliki payung hukum yang kuat, mengingat bank tersebut milik daerah?

“Di PT Bank Sumut, tertanam modal dari Pemerintah Provinsi Sumut dan Kabupaten/Kota di Sumut, yang notabene merupakan uang milik rakyat Sumut. Jika bukan Gubernur Sumut yang melindungi modalnya, siapa lagi ?”, Papar Muhri.

Makanya, Muhri berharap banyak Pemprovsu melalui Gubernur Sumatera Utara proaktif untuk melindungi usahanya, agar modal ditahan PT Bank Sumut segera diperdakan. Sehingga, PT Bank Sumut dapat bergerak leluasa menggerakkan roda perusahaan, demi kepentingan Rakyat Sumut.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *