Hukum

LIRA Minta Poldasu Tahan Pengusaha Ayam Penyet Ria

Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA), meminta Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu), segera mungkin menuntaskan kasus OTT yang melibatkan dua oknum pegawai UPT Wilayah Medan V Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Pemko Medan.

“Jika terbukti melanggar tindak pidana, kita meminta penyidik segera mungkin menahan dua oknum ASN tersebut, termasuk pengusaha Ayam Penyet Ria”,ujar Walikota LSM LIRA Medan, Drs Sam’an Lubis, Senin (20/08/2018).

Pajak Restoran, menurut Sam’an, merupakan amanah UU Nomor 28 Tahun 2009. Hasil pajak tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat Kota Medan. Menghindar dari Wajib Pajak (WP) tindakan tidak terpuji.

“Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah pada BAB XVI Ketentuan Pidana, bagi wajib pajak/retribusi yang melanggar dapat dikenaan sanksi yang berat dengan hukuman penjara sampai dengan 2 tahun dan denda sampai dengan Rp 10.000.000”,jelas Sam’an.

Sam’an menambahkan, perlunya dilakukan penahanan kepada para pihak yang terlibat, guna memberikan efek jera, sekaligus menjadi contoh terhadap masyarakat agar tidak bersiasat dengan pajak.

“Mungkin saja, siasat menghindar dari WP ini terjadi di banyak usaha, di Kota Medan, sehingga merugikan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Makanya, butuh keseriusan penyidik untuk memberikan ganjaran, agar raihan PAD bisa optimal dan memberikan manfaat besar bagi rakyat Kota Medan”, ujarnya.

Sebelumnya, Subdit Tipikor DitKrimsus Polda Sumut mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp 6 juta rupiah saat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pegawai UPT Wilayah Medan V Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Pemko Medan.

Dalam OTT ini ada dua orang yang diamankan pada Sabtu (18/8/2018) sekitar pukul 11.30 WIB di Ayam Penyet Ria yang berada di Jalan Karya. Keduanya, M Haris Hasibuan dan Daud Saringan.

Uang tersebut diberikan kepada kedua oknum sebagai uang suap untuk tidak didaftarkan sebagai Wajib Pajak (WP) atas usaha restauran Ayam Penyet Ria yang baru buka di daerah Mall Sun Plaza.

Dalam operasi tersebut, pihak Tipikor Polda Sumut mengamankan barang bukti uang tunai Rp 6 juta.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *