Peristiwa

Wabup Asahan Ramah Taman Dengan Veteran

Sumutdaily,Asahan : Sebelum menggelar peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus, Pemkab Asahan kerap menggelar acara ramah tamah dengan para veteran. Tradisi ini merupakan agenda penting yang tidak pernah terpisahkan dalam serangkaian acara peringatan hari kemerdekaan di Kabupaten Asahan.

Wakil Bupati Asahan, H Surya B Sc bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dalam kesempatan itu bersilaturahmi dengan para veteran, keluarga anak dan para cucu pejuang menginginkan agar perjuangan mereka tidak sia-sia dan tidak ternodai oleh gerakan yang bisa memecah belah bangsa.

“Jangan hanya berhenti dalam apresiasi. Kita ada di sini karena ada pahlawan-pahlawan. Acara silaturhmi bersama para veteran ini harus lebih dimaknai secara mendalam,” pesan Wabup dalam acara silatahmi di aula kantor Bupati Asahan, Rabu (15/8).

Ia mengatakan, perjuangan para veteran pada masa lampau harus dihargai. Tanpa perjuangan para veteran, mustahil Indonesia dapat merdeka. “Jangan lupakan perjuangan mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Asahan memberikan penali asih kepada dua lembaga veteran yang ada yakni Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Dewan Harian Cabang (DHC 45). Para veteran tampil gagah dan rapi, menggunakan kemeja cokelat lengkap dengan baret berwarna kuning.

Sementara itu, ketua LVRI Asahan Bungaran Tua (BT) Pasaribu yang diperkirakan sudah berusia 90 tahun tampil memberikan sambutan dan harapannya kepada pemerintah. Pasaribu yang dipapah bagian protokoler Sekretariat Daerah (Setdakab) tersebut menyampaikan keluh kesah dan harapan dirinya sebagai mantan pejuang.

BT Pasaribu mengatakan, veteran tetap konsisten untuk senantiasa menjaga kehormatan bangsa, yakni berdiri sejajar dengan bangsa lain, dan tetap menjaga Keutuhan NKRI.

“Kami berpesan kepada generasi muda penerus bangsa, kami serahkan jiwa dan semangat pejuang untuk menjadi pedoman dalam mengamankan masa depan bangsa yang lebih cerah,” harapnya.

Acara ramah tamah ditutup dengan pemberian cenderamata kepada veteran, hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Asahan Benteng Panjaitan, Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi SIK, dan Dandim 0208 Lekol Inf ARM Suhono, SE (AN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *