Sumut Today

Lepas Kloter 11, Ini Pesan Walikota Medan kepada Para Calhaj

SumutDaily | Medan ~ Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali melepas calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Medan di Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan, Kamis (2/8/2018). Kali ini calhaj yang dilepas sebanyak 379 orang, mereka tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 11. Usai pelepasan, para calhaj yang telah mengenakan pakaian ihram itu selanjutnya bergerak menuju Kuala Namu International Airport untuk selanjutnya bertolak menuju Tanah Suci Makah.

Selain 379 calhaj asal Kota Medan, 2 calhaj asal Kabupaten Mandailing Natal dan 2 calhaj asal Kabupaten Asahan juga tergabung dalam Kloter 11. Tidak sedikit calhaj, terutama yang telah berusia lanjut meneteskan air mata karena tak kuat menahan rasa haru ketika prosesi pelepasan berlangsung. Sebab, mereka sebentar lagi akan melaksanakan Rukun Islam kelima yang selama ini sangat didambakan seluruh umat Islam di dunia.

Seperti biasa pelepasan calhaj ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dan surat-surat kepercayaan yang dilakukan Wali Kota kepada kepala rombongan (karom). Setelah itu Wali Kota didampingi Kakan Kemenag Kota Medan Al Ahyu, Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Medan Musadad Nasution, Kabag Agama Adlan, Kabag Humas Ridho Nasution serta Camat Medan Johor Ali Hanafiah pun menyalami para calhaj.

Tak lupa Wali Kota berpesan agar seluruh calhaj untuk selalu menjaga kesehatan serta menjaga nama baik Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya. Dikatakannya, para calhaj yang akan bertolak menuju Tanah Suci merupakan orang-orang beruntung dan dimuliakan Allah SWT karena telah dipanggil dan diberikan kesempatan untuk menunaikan Rukun Islama yang kelima tersebut.

“Setiap umat Muslim di seluruh dunia tentunya sangat mendambakan bisa bertamu di rumah Allah sebagai bentuk penyempurnaan iman Islamnya. Namun tidak semua bisa melaksanakannya. Alhamdulillah, bapak dan ibu hari ini merupakan orang-orang yang beruntung sehingga dapat menjadi tamu Allah dan sebentar lagi bertolak menuju Tanah Suci Makah,” kata Wali Kota.

Selama melaksanakan ibadah haji, selain menjaga kesehatan, Wali Kota juga berpesan agar selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan serta bisa saling membantu. “Apabila ada calhaj yang membutuhkan pertolongan, hendaklah kita bantu dengan penuh keikhlasan. Di samping itu manfaatkan waktu dan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya untuk mengerjakan rukun haji. Fokuskan pikiran hanya untuk melaksanakan ibadah dan perintah Allah SWT,” pesannya.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itupun selanjutnya mendoakan agar seluruh calhaj diberi Allah SWT kekuatan dan kesehatan agar perjalanan dan seluruh proses ibadah haji yang dilaksanakan berjalan dengan lancar.
“Semoga seluruh calhaj selalu diberi kekuatan dan kesehatan serta dipermudahkan dalam melaksanakan semua rukun haji serta dapat kembali ke Tanah Air dengan sehat dan selamat sekaligus menjadi haji dan hajjah yang mabrur,” harapnya.

Usai menyalami para calhaj, Wali Kota pun menunggu hingga seluruh tamu Allah tersebut menaiki masing-masing bus yang telah dipersiapkan panitia. Setelah para calhaj meninggalkan Asrama Haji, barulah Wali Kota meninggalkan lokasi dan selanjutnya meninjau sejumlah sungai untuk menyikapi banjir. (sus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *