Politik, Tak Berkategori

Shohibul Anshor: Soal Pengawasan Zakat, Sikap Bawaslu di Luar Nalar

Pengamat Sosial Politik UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara), Shohibul Anshor Siregar meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI), segera memanggil Bawaslu sekaligus memberikan pandangan tentang zakat.

Shohibul mengatakan itu, terkait sikap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang bersikap mengawasi pemberian dan penyaluran zakat.

“Sikap dan tindakan Bawaslu sudah di luar nalar, dan cara pandang lembaga penyelenggara Pemilu itu dapat merugikan Islam”,ujar Shohibul, di Medan, Selasa (12/06/2018).

Pertama, dari performance yang tercermin dari kinerja ini terlihat mereka sangat perlu diajarkan tentang ajaran Islam tentang zakat.

“Kedua, juga harus disadarkan bahwa Islam dilihat dari elemen-elemen ajarannya tidak sedangkal yang mereka (Bawaslu) pahami, terutama dalam kaitannya dengan politik,” kata Shohibul.

Ketiga, zakat itu bisa jadi dan memang tak selalu sepi dari implementasi kebijakan politik Islam atau umat Islam.
“Hal itu sangat penting diberitahu oleh MUI kepada mereka yang duduk di Bawaslu itu yang kelihatannya tak mengenal Islam secara kaffah,” imbuh Shohibul.

Shohibul pun menguraikan beberapa pandangan tambahan berdasarkan dalil Al-qur’an dan implementasinya dalam fiqih yang umumnya diterapkan di hampir seluruh dunia Islam dari dahulu hingga nanti, terkait zakat.

“Memperhatukan firman Allah SWT dalam surah at Taubah ayat 60 yang artinya Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana,” urai Shohibul.

Berkaitan dengan hal tersebut, Shohibul mengingat lagi, agar MUI dan para pihak yang berkaitan, segera memanggil Bawaslu, karena sikapnya telah merugikan Islam.(***)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *