Ekonomi

Warga Desa Karang Gading Butuh Benih dan Pupuk Subsidi dari Pemprov Sumut

Warga Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, yang tergabung dalam kelompok-kelompok tani, berharap memperoleh bibit dan pupuk subsidi dari Pemerintah Provinsi Sumut.

Hal tersebut mereka sampaikan kepada Anggota DPRD Sumut, H Muchrid Nasution SE, yang sedang melakukan reses, di Daerah Pemilihan Sumut III, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (02/06/2018).

“Kalau menunggu bantuan bibit dan pupuk dari Pemerintah Provinsi Sumut, tentunya dapat mengganggu masa tanam dan panen padi kami”, ujar Warno, salah seorang Ketua Kelompok Tani kepada Muchrid Nasution.

Bantuan, pupuk dan bibit dari Pemprov Sumut, menurutnya, setidaknya pada awal bulan Juli. Sedangkan petani, mulai menyemai benih, di awal tahun.

“Dalam setahun, jika menurut pola tanam seperti biasa, petani bisa dua kali panen. Namun, jika menunggu bantuan Pemprov Sumut, dalam setahun petani hanya bisa sekali panen. Makanya, kami lebih mengutamakan subsidi benih dan pupuk” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Muchrid menyatakan segera mungkin menyampaikan hal ini kepada Pemprov Sumut, agar memperoleh solusi terbaik, tanpa harus melanggar mekanisme belanja daerah.

“Desa Karang Gading memiliki potensi sebagai kawasan lumbung padi, mengingat di kawasan ini terdapat 1.500 hektar areal persawahan. Kita tidak ingin, desa-desa lumbung padi, terganggu masa tanam dan panennya”,ujar Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Sumut ini lagi.

Dia juga berharap, Pemerintah Provinsi Sumut, benar-benar menyikapi serius persoalan ini, karena hal tersebut terkait upaya ketahanan pangan masyarakat.(***)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *