Sumut Today

Muchrid Nasution Anjurkan Bumdes Kelola Wisata di Deli Serdang

Anggota DPRD Sumut, H Muchrid Nasution SE menganjurkan, BUMDesa mengelola objek-objek wisata yang berada di pedesaan, sebagai salah satu upaya mendongkrak ekonomi masyarakat desa.

Muchrid Nasution, menyampaikan hal tersebut, saat menyerap aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses, Daerah Pemilihan Sumut III, Kabupaten Deli Serdang, di Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Sabtu (02/06/2018).

“Beberapa daerah di luar Sumut, juga ada yang sudah melakukan pola seperti ini. Pendapatan dari pengelolaan objek wisata tersebut menjadi PADesa, dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat desa”,ujar Muchrid.

Objek wisata Pantai Pasir Putih Beting Camar, memiliki potensi yang lumayan bagus. Namun, sarana berupa jalan ke lokasi tersebut sangat buruk. Sepanjang 5,3 Km jalan tersebut belum beraspal, sehingga pada musim hujan jalanan licin dan berlumpur.

Menanggapi hal tersebut, Muchrid mengaku prihatin. Namun, untuk menurunkan anggaran APBD Pemprovsu melalui Bantuan Keuangan Provinsi (BKP), tentunya harus melalui mekanisme yang tepat. Harus ada sinergisitas antara masyarakat desa Pemkab Deli Serdang dan Pemprov Sumut.

“Saya akan membicarakan ini kepada Pemkab Deli Serdang, untuk menjadikan pembangunan jalan ke objek wisata itu, masuk dalam rencana kerja. Kalau tidak ada rencana kerjanya, BKP untuk itu tidak boleh, karena jalan tersebut merupakan jalan kabupaten”,jelas Muchrid.

Muchrid juga menambahkan, untuk membangun jalan tersebut membutuhkan dana yang besar, sehingga tidak mungkin menjadi beban APBD Sumut. Setidaknya, harus ada juga kucuran dari APBD Pemkab Deli Serdang.

“Misalnya, pengerasan jalan dari BKP Provinsi, kemudian pengaspalan dari APBD Deli Serdang atau sebaliknya”, ujar Muchrid sembari mengajak masyarakat turut membuat usulan, melalui Musyawarah Desa dan Kecamatan. (***)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *