Sumut Today

Kunjungi Taput, Tobasa dan Samosir, Ibu Negara Dapat Pengawalan Ketat

PENGAWAL | SIBOLGA ~ Komandan Korem (Danrem) 023/KS Kol Inf Donni Hutabarat memimpin langsung apel gelar pasukan pengamanan VVIP dalam rangka persiapan pengamanan kunjungan ibu negara Hj Iriana Joko Widodo di Lapangan Bandara Internasional Silangit, Senin (16/4/2018). Apel diikuti semua unsur yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pimwil) yang teridiri dari unsur TNI, Polri dan unsur terkait, termasuk gelar peralatan dan perlengkapan pendukungnya.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo SIP dalam amanat yang dibacakan Danrem 023/KS mengatakan, pengamanan VVIP bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP setiap saat di manapun berada.

Ancaman terhadap VVIP, kata Pangdam I/BB, bukan hanya merupakan ancaman terhadap keselamatan dan keamanan saja, tapi juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat dan kewibawaan pemerintah. Untuk mengatasi hal tersebut, TNI dibantu institusi terkait perlu menyelenggarakan operasi pengamanan secara terpadu.

“Oleh karena itu, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan tiap-tiap Satgaspam secara keseluruhan, baik personel, materil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya,” kata Pangdam.

Selaku Pangkoops Pengamanan VVIP, Pangdam I/BB mengatakan, harus dapat meyakini bahwa tiap-tiap Satgas sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu untuk menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksikan dapat terjadi.

“Apel gelar pasukan ini menggambarkan totalitas kesiapan pengamanan, mulai dari H-1 sampai selesai kunjungan kerja ibu Hajjah Iriana Joko Widodo beserta rombongan,” tegas Pangdam I/BB.

Pengamanan VVIP ini, ujar Pangdam, harus berjalan dengan berhasil dan tidak ada kata ulangi. “Setiap Dansatgas dan Subsatgas dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, serta mampu menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan,” kata Pangdam I/BB.

Sementara itu Kapenrem 023/KS, Mayor Arm Ojak Simarmata mengatakan, kunjungan ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan dalam rangka melaksanakan beberapa agenda kegiatan di wilayah Korem 023/KS

Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata mengatakan Kunjungan kerja (kunker) Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan dalam rangka melaksanakan beberapa agenda kegiatan di wilayah Korem 023/KS. Masing-masing di tiga kegiatan yaitu Tapanuli Utara, Toba Samosir (Tobasa) dan Samosir dari tanggal 17 sampai 18 April 2018..

“Di mana tempat Ibu Hj Iriana Joko Widodo beserta rombongan akan melaksanakan kunjungan di situ akan kita amankan semaksimal mungkin, terutama di rute kunjungan. Selain pengamanan ring 1, ring 2, dan ring 3 serta di sejumlah titik yang dianggap berpotensi terjadi gangguan,” tutup Mayor Simarmata. (sus/penrem 023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *