Sumut Today

Usai Car Free Day, Walikota Medan Langsung Pimpin Normalisasi Drainase di Sunggal

SumutDaily | Medan ~ Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung menindaklanjuti keluhan warga terkait banjir yang acap kali terjadi lantaran penyumbatan dan penyempitan drainase. Meski hari libur, Minggu (18/3/2018), usai mengikuti Car Free Day di lapangan Merdeka Medan, Walikota langsung memimpin gotong royong untuk normalisasi drainase di Jalan Seroja Lingkungan 5,6 dan 14, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal.

Tindakan Walikota Medan ini menuai pujian dari warga Jalan Seroja. Mereka menyalami orang nomor satu Kota Medan itu sebagai ucapan terima kasih. Tak ketinggalan ibu-ibu. Bergantian mereka berfoto selfie dengan Eldin.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Lingkungan 5, Kelurahan Sunggal Supriadi mengungkapkan, belakangan ini hujan setengah jam saja, sepanjang Jalan Seroja sudah banjir setinggi setengah meter. Kondisi itu terjadi akibat drainase yang ada mengalami penyumbatan serta pendangkalan. Di tambah lagi drainase mengalami penyempitan sepanjang 50 meter di Jalan Beringin sehingga kelancaran buangan air menuju Sungai Bederah terganggu.

“Dulu drainase ini lebarnya 2 meter, sekarang lebarnya tak sampai 1 meter, bahkan mendekati pembuangan menuju Sungai Bendera semakin menyempit sehingga lebarnya sekarang tinggal 50 cm. Bagaimana tidak banjir, sebab semua pembuangan air menuju Sungai Bederah melalui drainase ini,” kata Supriadi.

Dalam melakukan normalisasi, Walikota minta kepada Kadis Pekerjaan Umum (PU) Khairul Syahnan untuk menurunkan sejumlah alat berat seperti spider excavator, beko mini, skid loader, truk serta puluhan pekerja guna mendukung kelancaran normalisasi. Di samping itu normalisasi juga dibantu jajaran Kecamatan Medan Sunggal, personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) serta pemuda Kosgoro 1957.

Setibanya di lokasi, Walikota langsung mengecek kondisi drainase yang dikeluhkan warga tersebut. Keluhan warga terbukti.

Mantan Wakil Walikota dan Sekda Kota Medan itu pun memerintahkan Dinas PU melakukan normalisasi. Spider Excavator, skid loader maupun beko mini langsung bekerja mengeruk drainase untuk mengatasi penyumbatan sekaligus melakukan pengikisan sehingga lebar drainase pun bertambah.

“Selain mengorek untuk memperdalam kembali drainase, kita juga melakukan pelebaran sehingga daya tampung drainase bertambah. Dengan demikian ketika hujan deras turun, drainase ini mampun menampung debit air hujan dan mengalirkannya menuju Singai Bederah. Dengan normalisasi yang dilakukan ini, insya Allah mampu meminimalisir banjir yang selama ini terjadi,” kata Wali Kota.

Agar pelebaran yang dilakukan tidak sia-sia, Walikota minta kepada Kadis PU agar membeton dinding drainase yang berbatasan langsung dengan tanah kosong. “Pembetonan ini perlu dilakukan agar pinggiran drainase tidak amblas akibat tergerus air sehingga menyebabkan pendangkalan dan penyempitan kembali,” ungkapnya.

Proses normalisasi berjalan dengan lancar, tanpa kesulitan tiga unit alat berat yang diturunkan berhasil mendalamkan dan melebarkan drainase kembali dipimpin langsung Plt Kabid Drainase Edi Zalman. Khusus drainase sepanjang 50 meter yang mengalami penyempitan di Jalan Beringin menuju Sungai bederah, Walikota minta kepada Kadis PU segera mengatasinya. “Saya ingin warga di sini terbebas dari banjir!” tegasnya.

Warga sekitar sangat gembira dengan normalisasi. Sebab mereka sudah bosan kawasan tempat tinggalnya selalu menjadi langganan banjir sehingga sangat mengganggu aktifitas warga.

Tak bosan-bosannya mereka mengucapkan terima kasih sambil silih berganti menjabat tangan Wali Kota. Apalagi Wali Kota pun mengatakan Jalan Seroja tahun ini akan dilakukan pembetonan. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *