Sumut Today

Babinsa 05/PB Kodim 0212/TS Bantu Petani Desa Sitopayan

SumutDaily | Paluta ~ Hampir setiap hari menempuh perjalanan berjam-jam tak pernah menyurutkan semangat Koptu Suryadi untuk membantu kelompok tani “Sepakat” di Desa Sitopayan, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Babinsa Koramil 05/PB Kodim 0212/TS ini selalu terpanggil membantu petani di desa binaannya.

Keprihatinan melihat nasib para petani membuat hati Koptu Suryadi selalu terpanggil turun ke sawah. Bersama para petani, ia mengerjakan sawah-sawah milik para petani yang tergabung dalam kelompok tani Sepakat, secara bergiliran.

Koptu Suryadi tak pernah bosan mendampingi para petani, mulai dari persiapan tanam hingga masa panen. Bahkan, selama masa perawatan, seperti mengusir burung, ia tak pernah absen.

Bahkan kini ia memiliki pengetahuan lebih ketimbang para petani sendiri. Mulai dari penyiapan lahan hingga persiapan masa panen, Koptu Suryadi selalu membimbing para petani.

“Langkah pertama sebelum menanam padi adalah membersihkan lahan yang akan ditanami. Bersihkan berbagai tanaman gulma seperti rerumputan, semak belukar serta hal lain yang mungkin akan mengganggu perkembangan tanaman padi. Menyiapkan media tanam yang baik untuk tanaman akan mendorong pertumbuhan dengan baik,” jelasnya, Kamis (8/3/2018).

Danramil 05/PB Kapten Czi Pahlawan Nasution sangat mengapresiasi sikap personelnya yang selalu siap untuk melakukan pendampingan kepada para petani di desa binaannya masing-masing. Tugas pendampingan ini, ujar Kapten Pahlawan Nasution, merupakan upaya khusus (upsus) dalam rangka peningkatan produksi panen padi untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Tak hanya membantu para petani di sawah, para Babinsa juga melakukan edukasi kepada para petani. Selama ini, ujar Kapten Pahlawan Nasution, orang dari pedesaan lebih memilih merantau ke kota besar untuk menjadi kuli bangunan daripada menjadi petani.

“Bertanam padi hanya dijadikan pekerjaan sampingan. Hal inilah yang menyebabkan hasil panen yang mereka dapatkan tidak maksimal. Padahal bila mereka serius hasil dari bertani lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain membantu petani di sawah, para Babinsa juga tak bosan-bosannya untuk mengajak para petani agar menjadikan lahan pertanian sebagai mata pencaharian pokok,” ujarnya. (sus/penrem 023 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *