Sumut Today

Kejar WTP dari BPK RI, Pangdam I/BB Perintahkan Jajaran Tingkatkan Kinerja

SumutDaily | Sibolga ~ Kasrem 023/KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa memimpin upacara bendera awal Maret di Makorem 023/KS di Jalan Datuk Itam No. 1 Sibolga, Senin (5/3/2018). Upacara bulanan itu diikuti oleh para Kasi Korem 023/KS, para Danden dan Kepala Balakrem, seluruh prajurit Korem 023/KS, Kodim 0211/TT dan Balakaju Perwira, Bintara, Tamtama dan PMS.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri dalam amanat yang dibacakan Kasrem 023/KS mengatakan, seiring telah selesainya tim Wasrik Itjenad melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan di satuan jajaran Kodam I/BB, ada beberapa temuan ataupun koreksi yang bersifat membangun. Tentunya, ujar Pangdam, hal ini dapat menjadi pedoman pelaksanaan kegiatan ke depan, sehingga tidak terjadi kesalahan yang sifatnya berulang.

“Sehubungan dengan hal itu, saya tekankan kepada unsur pimpinan di jajaran Kodam I/BB agar mempelejari dan segera melakukan perbaikan serta penyempurnaan sesuai dengan petunjuk dan arahan dari tim Wasrik Itjenad,” ujar Pangdam I/BB.

Diharapkan penilaian atas kinerja maupun perbendaharaan satuan jajaran Kodam I/BB dapat semakin meningkat, sehingga opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI dapat dicapai.

Kemudian, lanjut Pangdam I/BB, mulai 6 hingga 9 Maret 2018, akan dilakukan sosialisasi pemutakhiran data dalam rangka penyusunan RKA TNI AD tahun 2019. Penyusunan RKA ini adalah bagian dari sistem perencanaan pertahanan negara atau yang sering kita dengan dengan Sisrenhanneg.

“Perlu kita pahami bahwa proses penyusunan program kerja dan anggaran merupakan perencanaan siklus tahunan yang disusun secara komprehensif, integral dan terukur, melalui mekanisme bottom up dan top down dengan beberapa tahapan mulai penyusunan dokumen petunjuk perencanaan, rancangan rencana kerja dan rencana kerja sampai dengan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran atau RKA,” ujar Pangdam.

“Untuk itu saya mengharapkan para stakeholder dapat bersinergi memperjuangkan usulan RKA Kodam I/BB, khususnya bidang materiil dan konstruksi. Kepada seluruh staf terkait agar menyusun seluruh kebutuhan anggaran ke dalam RKA TA 2019, sehingga semua kegiatan dapat terdukung dengan anggaran yang memadai,” katanya.

Pada kesemaptan itu, Pangdam juga merasa perlu menyampaikan agar pemakaian listrik dan air Kodam I/BB TA 2017 mengalami defisit sebesar 20 persen dari pagu anggaran yang telah ditetapkan.

“Saya perintahkan para komandan satuan jajaran Kodam I/BB agar memberikan penekanan kepada seluruh personel di satuannya untuk melakukan penghematan dalam pemakaian listrik, air dan telepon serta tidak memperbolehkan mengubah besaran ampre MCB pada KWH meter di setiap bangunan rumah dinas dan perkantoran,” tegas Pangdam. (sus/penrem023/ks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *