Sumut Today

Melalui TMMD ke-101, Kodim 0204/DS Percepat Pembangunan Desa Tertinggal

Kutalimbaru ~ Melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101, Kodim 0204/DS melakukan percepatan pembangunan di daerah tertinggal. Untuk itulah, Dusun VI, Desa Namomirik, Kecamatan Kutalimbaru, Deliserdang, Sumatera Utara yang dipilih menjadi lokasi sasaran.

Dusun VI, Desa Namomirik merupakan salah satu kawasan sangat tertinggal. Selain tidak ada pembangunan, warga dusun ini juga belum tersentuh penerangan dari PLN.

Pabandya Bhakti Kodam I/BB, Letkol Inf Bayu saat meninjau lokasi mengatakan, pemilihan Dusun VI, Desa Namomirik dinilai sangat tepat menjadi sasaran TMMD ke-101 Kodim 0206/DS. Seperti pada pelaksanaan sebelumnya, TMMD kali inipun diyakininya mampu merubah wajah Dusun VI, Desa Namomirik.

“Berdasarkan pengalaman pelaksanaan sebelumnya, hanya dalam tempo sebulan pelaksanaan TMMD lokasi sasaran berubah total. Inilah mengapa TMMD disebutkan sebagai salah satu upaya membantu program Pemerintah Daerah untuk memacu pembangunan di kawasan tertinggal dan terisolir,” katanya.

Di sela-sela kunjungan, Pabandya Bhakti Kodam I/BB menerangkan, program TMMD juga sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang sinergis, terintegrasi dan sangat terorganisir serta memiliki maksud, tujuan dan manfaat yang jelas, baik bagi kepentingan TNI, masyarakat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

“Program TMMD tersebut ternyata berhasil mencapai sasaran yang ditargetkan, baik sasaran fisik maupun non fisik. Keberhasilan itu bahkan mengilhami lahirnya program-program manunggal lainnya, seperti TNI Manunggal Pertanian, TNI Manunggal Aksara, TNI Manunggal KB-Kes, TNI Manunggal Sosial Sejahtera, TNI Manunggal Sembako dan TNI Manunggal Reboisasi yang pernah dilaksanakan oleh TNI,“ ungkap Letkol Inf Bayu.

Di Desa Namomerik ini, tak semua dusunnya sudah tersentuh pembangunan, sehingga ada beberada dusun di antaranya yang kondisinya sangat memperihatinkan. Seperti tanpa penerangan listrik PLN, dan fasilitas MCK sehat yang sama sekali nihil.

“Dengan adanya program TMMD ke-101 Kodim 0204/DS ini, warga setempat di lokasi sasaran fisik akan senang, karena bisa menikmati aliran listrik dan MCK sehat,“ sebutnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *