Sumut Today

Desa Namomirik Terpilih Jadi Lokasi Sasaran TMMD ke-101 Kodim 0204/DS

Kutalimbaru ~ Dusun VI Kutabatu, Desa Namomirik, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara terpilih sebagai target operasi TMMD ke-101. Pemilihan Dusun VI Kutabatu, Desa Namomirik karena lokasi itu masih sangat terisolir. Bahkan setelah 72 tahun Indonesia merdeka, Dusun VI, Kutabatu, Desa Namomorik, belum tersentuh aliran listrik.

Dandim 0204/DS Letkol Arm Asep Hendra Budiana SH menjelaskan, salah satu sasaran fisik TMMD ke-101 Kodim 0204/DS di desa ini adalah membangun solar cell untuk penerangan desa. Karena, hampir 34 tahun terakhir warga di Dusun VI Namobatu, Desa Namomirik, tidak pernah menikmati penerangan PLN.

“Selain solar cell, kita juga akan membangun jamban (kakus), sumur bor, dan kamar mandi, sehingga warga di dusun sasaran kegiatan bisa hidup lebih sehat,” jelas Dandim, seraya berharap dukungan dan bantuan warga untuk meringankan dan mempercepat target pengerjaan yang ditangani Satgas TMMD ke-101 Kodim 0204/DS.

Sementara, Kepala Dusun (Kadus) VI Kutabatu, Lingga mengaku sangat bangga dengan adanya karya bakti TNI seperti ini, khususnya yang dilakukan Kodim 0204/DS.

“Berkat TMMD ke-101 Kodim 0204/DS ini, suasana malam di dusun kami akan lebih hidup. Karena sebentar lagi akan ada pasokan aliran listrik, yang puluhan tahun ini tak pernah kami dapatkan,” kata Lingga.

Memang, di lokasi TMMD yang hanya dihuni 12 kepala keluarga (KK) dengan 40 jiwa ini, sudah selama 34 tahun terakhir tak pernah tersentuh penerangan PLN.

Selain tanpa listrik, warga juga kesulitan untuk urusan MCK (mandi, cuci, dan kakus), sehingga hanya memanfaatkan sungai sebagai satu-satu sarana untuk keperluan penting tersebut.

“Sudah 34 tahun saya tinggal di Dusun VI Kutabatu ini belum pernah ada lampu penerangan PLN. Selama ini kami hanya pakai lampu teplok saja bang. Untuk mandi, buang airbesar dan mencuci, ya ke sungailah. Kalau untuk minum, ada sumur yang dipakai beramai-ramai,” ungkap Lingga, Rabu (14/02/2018)

Pria dengan tiga anak ini sangat berterima kasih kepada TNI, khususnya Dandim 0204/DS Letkol Arm Asep Hendra Budiana, karena telah perduli kepada mereka yang sudah puluhan tahun terpuruk tidak menikmati PLN dan air bersih.

“Saya berterima kasih kepada Pak Dandim karena berkat beliau dusun saya bisa menikmati penerangan lampu dan MCK,” terang Lingga. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *