Sumut Today

Prajurit Kodim 0211/TT Siap Bangun Kembali Rumah Warga Korban Kebakaran

SumutDaily | Sibolga ~ TNI lahir dari rakyat dan untuk rakyat. Sikap inilah yang kemudian melahirkan keprihatinan yang mendalam melihat penderitaan warga Jalan Perintis Kemderdekaan, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga, Kota Sibolga yang rumah terbakar.

Setelah berhasil membantu memadamkan api bersama petugas dan warga setempat, prajurit Kodim 0211/TT menyatakan kesediaannya untuk membangun kembali rumah warga.

Penegasan itu disampaikan Dandim 0211/TT, Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu. Ia mengatakan, sudah menjadi tugas anggota TNI untuk membantu rakyat yang mengalami kesulitan dan musibah.

“Kami akan tetap hadir di posko korban kebakaran, kami juga siap membangun kembali rumah apabila materilnya sudah ada,“ kata Dandim.

Sikap ini, lanjut Dandim, merupakan manifestasi dari menyatunya TNI dan rakyat. Sehingga kesedihan akibat musibah dialami 40 KK yang rumah musnah terbakar, juga menjadi keprihatinan mendalam bagi prajurit TNI di Kodim 0211/TT.

Sebelumnya, sekitar 30 personel Kodim 0211/TT Korem 023/KS berjibaku bersama petugas dan warga memadamkan api yang mengamuk menghanguskan 40 rumah warga di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga, Kota Sibolga, Rabu (14/2/2018) malam sekira pukul 21.30 WIB.

Untuk memadamkan api enam unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Di antaranya 1 unit damkar Tapanuli Tengah, 1 unit mobil damkar PDAM, 1 unit KPRP Pemko Sibolga dan tiga unit damkar Pemko Sibolga.

Untuk membantu memadamkan api, Kodim 0211/TT menurunkan 40 personel. Bersama petugas lainnya dan warga, personel Kodim 0211/TT berjibaku memadamkan api.

Begitupun angin yang bertiup kencang membuat petugas kesulitan untuk memadamkan api. Terlebih kebanyakan rumah warga terbuat dari papan. Sehingga api dengan cepat merembet. Bahkan api sempat membakar atap gedung DPRD Kota Sibolga.

Selain ikut membantu petugas Damkar memadamkan api, personel Kodim 0211/TT juga ikut menyelamatkan barang-barang warga dari amukan api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu. Namun kerugian yang ditimbulkan mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, api diduga berasal dari hubungan arus pendek (korsleting) di rumah milik An Lian (40) warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Lingkungan 1, Kelurahan Pasar Belakang, Sibolga. (sus/penrem023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *