Politik

Pemkab Asahan Dukung Deklarasi Tolak Politik Uang

Sumutdaily,Asahan | Deklarasi anti politik uang dan kampanye kotor yang menyebar isu suku agama dan ras (Sara) yang dilaksanakan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) , bersama perwakilan partai politik di Kabupaten Asahan dan elemen masyarakat.

Pelaksanaan deklarasi berlangsung sekitar pukul 10.30 WIB di lapangan Adi Pradhana Polres Asahan, Rabu (14/2).

Ketua Panwaslih Asahan Irfan Islami Rambe menuturkan, deklarasi diselenggarakan dengan tujuan menciptakan Pilkada yang aman tentram menghasilkan pemimpin yang berintegritas.

“Jangan sampai Pilkada tenodai oleh politik uang dan isu sara ditengah tengah kita khususnya masyarakat Asahan, ” katanya.

Para Ketua Parpol di dampingi Ketua Panwaslih Asahan Membacakan Komitmen Bersama Menolak Politik Uang

Deklarasi yang bertemakan “Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Sara dalam Pilkada Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 yang Berintegritas, selanjutnya para perwakilan parpol ini menyatakan sikap, diantaranya :

1. Mengawal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dari praktik politik uang dan sara karena merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

2. Tidak menggunakan politik uang dan Sara senagai sarana meraih simpati pemilih karena mencederai integritas dan kedaulatan rakyat.

3. Mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdaskan program kerja dan bukan karena politik uang dan Sara.

4. Mendukung kerja-kerja pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang dan Sara yang dilakukan oleh lembaga pengawas pemilu.

5. Tidak akan melakukan intimidasi, kekerasan atau aktivitas dalam bentuk apapun juga yang dapat mengganggu proses penanganan pelanggaran pitik uang dan Sara.

Usai membacakan pernyataan sikap Parpol, selanjutnya kegiatan deklarasi ditandai dengan pelepasan burung merpati dan menempatkan cap tanda telapak tangan diatas spanduk putih yang sudah disiapkan sebagai tanda penolakan terhadap politik uang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Asahan H Surya B Sc, Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga SIK Dandim 0208 yang di wakilkan Pasintel Kapten Halwan,dan tokoh masyarakat, agama serta pemuda. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *