Sumut Today

Wadan Denpom 1/2 Sibolga-Tapteng Jelaska Operasi Gaktib dan Yustisi Kepada Prajurit

SumutDaily | Sibolga ~ Wadan Denpom 1/2 Sibolga-Tapteng Mayor CPM Mugiyana SH memberikan penjelasan kepada para prajurit Korem 023/KS, Balajaku serta Balakrem tentang Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi. Acara berlangsung di lapangan apel Makorem 023/KS Jalan Datuk Itam No. 1 Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2018).

Dalam amanatnya, Wadan Denpom 1/2 Sibolga-Tapteng menjelaskan, operasi Gaktib dan Yustisi POM dilakukan untuk meminimalisir berbagai pelanggaran yang bisa dilakukan oleh para prajurit TNI.

“Kegiatan ini bersifat operasi. Kalau kegiatan sehari-hari itu Dansat, atasan langsung menegakkan hukum yang ada. Tetapi itu tidak cukup, sehingga perlu dilakukan operasi untuk melakukan operasi penegakan dan penertiban terhadap para prajurit TNI yang melanggar,” kata Mayor Mugiyana SH.

Mayor CPM Mugiyana SH juga menjelaskan, semua jenis pelanggaran disasar pada operasi ini. Pelanggarannya mulai dari pelanggaran disiplin, norma, sampai pelanggaran hukum seperti narkotika, perkelahian, ilegal loging, dan khusus tahun 2018 adalah masalah netralitas TNI.

Lanjut Mayor CPM Mugiyana, secara tugas dan tanggung jawab, Polisi Militer punya sebuah hak untuk menertibkan para pelanggar dan memberi sanksi yang menurutnya bisa lebih keras dari sanksi pidana pada umumnya.

“Sosialisasi pencegahan sudah dilakukan awal, tapi jika prajurit masih bandel, ada penegakan hukum. Mereka bisa kena dua, pelanggaran disiplin atau pelanggaran pidana militer. Pidana militer itu lebih berat dari pidana biasa, dan diharapkan bisa memberi penyadaran ke prajurit bahwa pelanggaran ada hukumnya,” ujarnya.

“Kadang-kadang ada prajurit yang pura-pura tidak tahu bahwa kalau melanggar ada hukumnya, dikira tentara paling hebat. Untuk itu kita operasi Gaktib. Kalau bawa kendaraan tidak lengkap surat surat, lampu, rem, helm, akan ditangkap,” kata Mayor Mugiyana. (sus/penrem023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *