Peristiwa

Kodim 0210/TU Tandatangani Fakta Integritas Netralitas TNI

SumutDaily | Tarutung ~ Kodim 0210/Tapanuli Utara (TU) menandatangani fakta integritas Netralitas TNI dalam Pilkada 2018 di Lapangan Makodim 0210/TU Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara, Senin (5/2/2018).

Acara penandatanganan fakta integritas Netralitas TNI dalam Pilkada ini dihadiri Ketua KPUD Tapnut Rudolf Sirait SH MH, Ketua KPUD Tobasa Rinto P Hutapea, Ketua KPUD Samosir diwakili Komisioner Junaidi Barus, Ketua KPUD Humbahas Leonard Pasaribu SPd, Ketua Panwaslih Tobasa Juniar Sitorus S.Sos, Ketua Panwaslih Humbahas Jahormat Lumbantoruan, Ketua Panwaslih Samosir Anggiat Sinaga S.Sos, Sekretaris KPUD Tobasa Resbol Lumbangaol, Staf Ahli Panwaslih Taput Mantel Siringo-ringo SH MH, Kasdim 0210/TU Mayor Arh Drs K. Sinaga, para perwira Jajaran Kodim 0210/TU dan 120 orang personil Kodim 0210/TU.

Penandatanganan Fakta Integritas Netralitas TNI itu diawali Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico J Siagian, seluruh Danramil jajaran Kodim 0210/TU.

Dalam kata sambutannya Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico J. Siagian mengatakan bahwa Kodim 0210/TU benar-benar bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada Gubsu ataupun Pilkada Bupati Taput. Netralitas sudah harga mati. Tugas TNI adalah mengamankan penyelenggaraan pemilu melalui bantuan TNI kepada Polri.

“Netral dengan tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu kontestan termasuk fasilitas TNI tidak dilibatkan pada rangkaian kegiatan pemilu dalam bentuk apapun. Prajurit harus bisa mencegah politik praktis, politik uang dan hal-hal yang bisa menciderai demokrasi,“ ucap Dandim.

Prajurit yang melaksanakan Pengamanan Pilkada serentak, ujar Dandim, agar lebih semangat dalam bekerja di lapangan. “Jangan mengeluh dan harus tetap semangat dalam melaksanakan tugas,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Panglima TNI saat apel Komandan Satuan di Jakarta dan meneruskan arahan dari Pangdam I/BB beserta Danrem 023/KS dilanjutkan Dandim 0210/TU serta membagikan buku saku yang berisi pedoman tentang Netralitas TNI.(sus/penrem023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *