Politik

Muhri Fauzi Minta Gubsu Segera Bentuk Pansel Sekdaprov

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, meminta Gubsu HT Erry Nuradi, segera membentuk tim seleksi pengangkatan dan pengusulan Sekda Provinsi. Dia berharap, Maret mendatang, Pemprovsu sudah memiliki Sekdaprov yang definitif.

“Segeralah, mengingat Sekdaprov merupakan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), yang memiliki peran strategis terhadap berbagai kebijakan, di lingkungan Pemerintahan Provinsi”, ujar Muhri Fauzi, Jumat (26/1/2018).

Apalagi, lanjut Muhri Fauzi, pada bulan Juni nanti, Pemprovsu sudah harus menyampaikan Rancangan KUA-PPAS. “Kita tidak ingin, proses yang berkaitan dengan APBD terkendala. Soalnya, APBD itu menyangkut kepentingan rakyat”,ujarnya.

Ibnu Hutomo, lanjutnya, sudah satu semester menjabat Plt Sekda. Namun, karena posisinya hanya sebagai Pelaksana Tugas, Ibnu Hutomo tidak memiliki kewenangan memberlakukan kebijakan strategis.

“Salah satu point penting Plt adalah, tiidak berwenang mengambil keputusan maupun tndakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian, dan alokasi anggaran. Ini tentunya menjadi kendala Pemerintahan Provinsi Sumut”, ujarnya.

Pada sisi lain, menunda lahirnya Sekda definitif, setelah pelantikan Gubsu yang baru tentunya memunculkan isu konflik kepentingan. Bisa saja muncul tudingan, terkait dukung-mendukung pasangan Cagub/Cawagub tertentu.

“Jika hal seperti itu terjadi, maka muncul tudingan Gubsu Erry Nuradi meninggalkan bola panas kepada Gubsu yang baru. Saya kira, ini merupakan saat yang tepat bagi Gubsu Erry Nuradi, meskipun penentuan siapa yang menjadi Sekdaprovsu kelak, merupakan hak Presiden”, ujarnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *