Sumut Today

Ketua PWI Asahan; Kami Bukan Preman

Sumutdaily,Asahan : Insan Pers di Asahan melakukan aksi solidaritas di halaman Kantor Bupati Asahan, di Kisaran, Senin (15/1/2018). Aksi solidaritas insan pers itu menuntut Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang copot Isa Harahap sebagai Kasat Pol PP dan anggotanya Nasruddin.Dalam aksinya, massa wartawan diterima Wakil Bupati Asahan Surya, didampingi Plt Sekda Taufik ZA.

Sebelumnya, salah seorang wartawan media online di Kisaran, Susilawadi merasa dihalang-halangi oleh oknum Satpol PP, Nasruddin, saat konfirmasi terkait penertiban pedagang kaki lima. Menurut Susilawadi, Nasruddin merampas dan meremukkan surat tugasnya.

 

Ketua PWI Asahan Indra Sikoembang dalam orasinya menilai bahwa Isa Harahap tidak mampu menjalankan tugasnya sebagai pemimpin dalam membina anggotanya. Padahal, pers, dalam melaksanakan tugasnya telah dilindungi UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. “Jadi, tindakan menghalang halangi tugas wartawan dalam melaksanakan tugasnya adalah melanggar undang undang,” kata Indra.

 

Selain mencopot kedua pejabat Satpol PP itu, massa juga menuntut Satpol PP Asahan meminta maaf kepada wartawan atas insiden tersebut. “Pak Bupati,kami bukan Preman,tolong evaluasi kinerja Satpol PP copot Kasatpol PP dan anggotanya Nasruddin,” teriak Indra dalam orasinya.

Wakil Bupati Asahan Surya saat menerima awak media

Sementara itu Wakil Bupati Asahan Surya belum bisa mengambil keputusan mencopot Isa Harahap sebagai Kasat Pol PP secara mendadak. Kendati demikian, tuntutan wartawan akan dktindak lanjuti. “Kita akan tindak lanjuti kawan kawan wartawan,secepatnya. Tapi kalau langsung mencopot tidak bisa,” kata Surya.

Atas nama Pemkab Asahan, Surya meminta maaf kepada insan pers di Asahan atas insiden tersebut. “Atas nama Pemkab Asahan, saya mina maaf jika insiden tersebut terjadi,” tutup Surya. Setelah menggelar aksi di Kantor Bupati Asahan, massa wartawan melanjutkan aksinya di bundaran Tugu Perjuangan, Kisaran.(Azhar Nasution)

Ket Foto : Ketua PWI Asahan Indra Sikumbang saat menyampaikan Orasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *