Sumut Today

Serka Muhaimin Setia Dampingi Petani Desa Binaan Koramil 09/LB

SumutDaily | Karo ~ Setelah liburan tahun baru, Serka Muhaimin langsung terjun ke lapangan. Personela Koramil 09/LB Kodim 0205/TK itu rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk mendampingi kelompok tani Sada Arih di Desa Martelu, Kecamatan Lau Balang, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Ia membantu menanam padi di lahan petani seluas 1 ha.

Serka Muhaimin merupakan salah satu contoh, bagaimana Babinsa harus menjadi motivator, fasilitator, dinamisator bagi kelompok tani di lapangan. Bahkan ada yang mampu menjadi innovator bagi kelompok tani.

Babinsa yang merupakan ujung tombak untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat diwajibkan untuk selalu melakukan pendampingan dengan tujuan akhir tercapainya program swasembada pangan. Sejauh ini peran Babinsa itu sudah dilakukan secara bertahap dan mulai meluas, baik dalam cakupan wilayah binaan maupun kualitas pendampingan di semua wilayah di tanah air.

Pasi Teritorial Kodim 0205/TK Kapten Inf Ginting sebagai superfisi kegiatan Upsus (Upaya Khusus) kegiatan ketahanan pangan mengatakan keterlibatan Babinsa dalam ketahanan pangan ini bukan baru saat ini saja dilakukan.

Pasalnya, Babinsa Komando Kewilayahan (Kodim) berperan dalam bidang Ketahanan Pangan. Mereka mempunyai kewajiban melaporkan data teritorial yang ada di desa binaannya serta menjaga tetap dalam kondisi yang baik.
Melalui program ketahanan pangan ini justru terjadi peningkatan, karena begitu program digulirkan Babinsa juga ditingkatkan kemampuannya dengan diberikan pelatihan di bidang pertanian, sehingga mengerti komponen apa saja yang menunjang keberhasilan ketahanan pangan. “Bukan supaya asal bisa bercocok tanam saja,” kata Kapten Inf Ginting.

Pendampingan Babinsa juga diperlukan untuk mengawasi distribusi pupuk dan bibit agar bisa sampai ke tangan petani tepat sasaran maupun tepat waktu. “Semoga langkah positif ini dapat segera mewujudkan Ketahanan Pangan yang kita dambakan bersama,” ujar Kapten Ginting (sus/penrem023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *