Sumut Today

Fakultas  Pertanian Universitas Asahan Resmikan PKDKP

Sumutdaily,Asahan : Rektor Universitas Asahan yang diwakili oleh Wakil Rektor II (Zulkifli Simatupang, M.Pd) meresmikan Pusat Kajian Daerah Kawan Pesisir (PUSKA-DKP) Fakultas Pertanian Universitas Asahan ditandai dengan pemotongan Nasi Tumpeng.(28/12/2017).

Dalam sambutan Wakil Rektor II menyambut baik kegitan ini dimana kegiatan ini dapat mengkaji guna menjaga ekosistem pesisir laut. Selanjutnya disarankan kajian tersebut dapat merangkul masyarakat pesisir guna peningkatan taraf hidupnya. Terkait dengan peresmian Kajian tersebut dilakukan seminar yang menghadirkan Nara Sumber Dr. Sahat Manaor Pangabean (Asisten Deputi Lingkungan dan Kebencanaan Maritim Kementerian Maritim RI), Mayor Laut P Nabil (Pasops Denwa Lantamal I Belawan)  dan Hendy Saragih (La Via Campisiena).

Ketiga nara sumber mengajai masyarkat terkhusus PUSKA-DKP Fakultas Pertanian Universitas Asahan terkait:

Pembangunan wilayah pesisir guna terciptanya pertumbuhan social ekonomi yang berkelanjutan.Membangun kedaulatan pangan dari wilayah pesisir dengan menciptakan grai maritime dan ekonomi rakyat.Tindakan menjaga keamanan Nasional dalam pembangunan ekonomi daerah pesisir.

Ketiga hal tersebut di atas dapat dilakukan dengan sinergitas antara masyarakat dan pemerintahan.Sambutan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Asahan (Safruddin, SP, M.MA) dengan hadirnya Pusat Kajian Daerah Kawan Pesisir (PUSKA-DKP) ini merupakan sentral kebijakan dan Kajian terhadap pembangunan, pemberdayaan masyarakat pesisir wilayah pantai timur.  Pusat kajian ini merupakan bentuk pengabdian Universitas Asahan khususnya Fakultas Pertanian dalam menterjemahkan nawacita Kebijakan Pemerintahan Jokowi untuk mempercepat pengentaskan kemiskinan sekaligus membuka kegitan seminar dengan tema Daerah Kawasan Pesisir.

Wakil Rektor I (Dr. Tri Harsono) memberikan apresiasi atas terbentuk Pusat Kajian Daerah Kawan Pesisir (PUSKA-DKP) selaras dengan program kerja Rektor Universitas Asahan, beliau juga berjanji akan mendukung penuh PUSKA-DKP ini.

Ditempat terpisah Sekjend (Surya Fajri) Pusat Kajian Daerah Kawan Pesisir (PUSKA-DKP) menyatakan bahwa Pusat Kajian ini merupakan multi disiplin ilmu yang memberikan arahan kebijakan terhadap pembangunan wilayah pesisir khusus kabupaten Asahan yang merupakan cita-cita luhur Bupati Asahan yang belum terjawab selama ini dan menjadikan Universita Asahan mitra untuk pemerintah Daerah dalam membuat master plan pembangunan mangrove dan daerah pesisir dengn menempatkan para pakar dari berbagai propesi keilmuan.$Azhar Nasution).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *