Pendidikan

Kerjasama Dengan Kodim 0213/Nias, SD Mutiara Raih Sekolah Adiwiyata

SumutDaily | Gunung Sitoli ~ Sekolah Dasar (SD) Mutiara Gunung Sitoli berhasil meraih gelar Adiwiyata. Artinya sekolah tersebut kini bernama SD Mutiara Adiwiyata.

Keberhasil itu berhasil diperoleh setelah pihak sekolah bekerjasama dengan Kodim 0213/Nias berjuang untuk meraih predikat SD Adiwiyata. Caranya dengan menata lingkungan sekolah, membuat taman-taman dan apotik hidup serta membuat tanaman hotikultura dan pupuk orbanik menggunakan mesin Appo.

Atas prestasi itu, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y Reymon RS Purba diwakili Kasdim 0213/Nias Mayor Inf Holden Gultom dan perwira seksi teritorial Kapten Inf Lase dan Pasitim Din 0213/Nias Kapten Inf Parinden Siahaan mengunjungi SD Mutiara, Selasa 912/12/2017) lalu.

Kunjungan itu dilakukan untuk mengucapkan terimakasih dan rasa syukur karena SD Mutiara telah lolos masuk jalur hijau tingkat pusat dan meraih nama sekolah SD Mutiara Adiwiyata tahun 2017.

Adiwiyata artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah. Di mana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika.

Sekolah Adiwiyata memiliki makna sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Sedangkan tujuan pembentukan Sekolah Adiwiyata adalah membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Kasdim 0213/Nias, Mayor Inf Holden Goltum yang mewakili Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y. Reymon RS. Purba mengatakan tanaman holtikultura seperti jagung sudah ditanam sejak tiga bulan lalu. Demikian juga dengan kolam ikan lele.

Walaupun hasilnya tidak seberapa, tapi nilai kebersamaan yang sudah terjalin selama ini membuahkan hasil yang baik.

SD Mutiara Gunung Sitoli termasuk di antara 11 sekolah yang masuk jalur hijau tingkat nasional. “Kami sangat bangga dan hasil ini hendaknya bisa terus ditingkatkan,” harap Dandim. (sus/penrem023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *