Pendidikan

Alun Alun Kota Kisaran Dijadikan Ruang Publik Membaca

Sumutdaily,Asahan : Adanya ruang publik sangat dibutuhkan kehadirannya di tengah-tengah kepenatan kota yang kian terasa padat dan menghimpit. Bangunan-bangunan perusahaan kian menjamur, menjelma serupa hutan beton yang mengakar kuat.

Namun alun alun yang dibangun oleh Pemkab Asahan belum lama ini sangat dirasakan manfaat dan dampaknya oleh masyarakat sebagai ruang public salah satunya membaca. Seperti kegiatan yang digagas oleh salah satu taman bacaan masyarakat di kota Kisaran ini menyediakan buku bacaan gratis untuk masyarakat.

Pantauan wartawan, Minggu (10/12) alun alun kota kisaran ini dijadikan tempat rekreasi keluarga dan membaca.

Rini salah satu pengurus LSM taman bacaan masyarakat kepada wartawan mengatakan, ia sengaja memberikan buku gratis yang bisa dibaca oleh pengunjung alun alun agar semangat anak generasi muda membaca bisa ditingkatkan.

Kata dia alun alun sangat berdampak bagi masyarakat perkotaan. “Oleh sebab itu, ruang berekspresi dan melepas penat tentunya perlu segera direalisasikan. Supaya kita sebagai masyarakat terus bisa berinovasi dan menciptakan hal-hal positif salah satunya membaca,” ujarnya.

“ Masyarakat yang berbudaya adalah masyarakat yang mau membaca. Membaca di sini bisa diartikan membaca tulisan dalam buku atau media massa dan internet. Kedua, membaca diartikan sebagai bentuk dari kepekaan dalam melihat lingkungan sekitar. Keduanya sangat diperlukan guna menunjang pemikiran intelektualitas masyarakat yang kritis dan tidak apatis dalam menanggapi suatu hal yang terjadi di lingkungan tinggalnya.,”ujarnya. (Azhar)

Foto: masyarakat tampak memanfaatkan alun alun sebagai lokasi membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *