Sumut Today

Kasiops Korem 023/KS Tutup Latihan Penanggulangan Bencana

SumutDaily | Sibolga ~ Kasiops Korem 023/KS Letkol Inf TP Lobuan Simbolon mewakili Danrem 023/KS Kol Inf Donni Hutabarat, menutup secara resmi Latihan Bersama BPBD, Basarnas dan Tagana Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga dalam penanggulangan bencana. Penutupan dilakukan di lapangan Makorem 023/KS Jalan Datuk Itam No 1 Sibolga. Jumat (8/12/2017).

Letkol Inf TP Lobuan Simbolon yang bertindak sebagai Koordinator Latihan membacakan amanat Danrem 023/KS Kol Inf Donni Hutabarat mengatakan, terlaksananya latihan penanggulangan bencana ini, ke depan para peserta dituntut untuk dapat memelihara kemampuan teknik evakuasi dengan menggunakan sarana pendukung lainnya. Sehingga mampu dengan cepat mendirikan dapur lapangan dan pendistribusiannya. Juga mampu memberikan pertolongan pertama di lapangan (Longmalap) guna melayani dan merawat korban bencana alam sebagai implementasi dari wujud kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Dengan selesainya latihan ini, saya akan menyampaikan penekanan kepada seluruh peserta dan penyelenggara latihan sebagai atensi ke depannya. Kepada para peserta agar memahami seluruh materi yang telah diterima dengan waktu yang sikat ini, terus dipelihara, ditingkatkan dan dikembangkan dengan penuh inovasi dan kreatifitas sesuai dengan situasi yang terjadi,” kata Danrem.

Hal ini, menurut Danrem, sangat penting, karena permasalahan di lapangan selalu memiliki dinamika dan karakteristik yang berbeda. Kerjasama yang dilaksakan selama latihan agar dapat dipertahankan, guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dalam memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Kepada para penyelenggara, Danrem juga berpesan, agar terus meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja komandan dan staf dalam mempersiapkan dan melaksanakan operai dan kodalops dalam penanggulangan bencana alam yang ada di wilayah Sibolga dan Tapanuli Tengah. “Jalin kerjasama serta hubungan yang baik dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya, agar prosedur perbantuan dan penanggulangan bencana ke depannya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” tutup Danrem.

Usai membacakan amanat Danrem, Kasiops juga menyampaikan terima kasih kepada peserta dan penyelenggara bahwa pelaksanaan latihan aman mulai pembukaan sampai penutupan. “Latihan bersama ini untuk menyempurnakan organisasi yang didapat, baik dari TNI, BPBD, Basarnas dan Tagama Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga dalam penanggulangan bencana. Latihan ini merupakan bagian dari strategi Korem 023/KS untuk mempersiapkan personel dan material dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Korem 023/KS,” kata Kasiops.

Latihan bersama ini, kata Kasiops, juga bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, komunikasi, praktik di lapangan dan pembelajaran dari pengalaman. Selain itu juga untuk meningkatkan kerjasama operasi sipil dan militer di bidang penanggulangan bencana khususnya antara TNI, BPBN dan BASARNAS serta Tagana Tapteng dan Kota Sibolga sekaligus untuk mempererat persahabatan antara instansi. (sus/penrem 023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *