Sumut Today, Tak Berkategori

Rusunawa Pemkab Asahan Siap Dihuni

Sumutdaily,Asahan : Wakil Bupati Asahan, H Surya  B Sc menyatakan rumah susun sewa sederhana (rusunawa) siap dihuni. Hal tersebut sebagai bentuk perhatian dari pemerintah akan ketersedian fasilitas perumahan yang layak untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati Asahan saat menghadiri sosialisasi mekanisme pendaftaran calon penghuni rusunawa, di lokasi tersebut bersama Dirjen Cipta Karya dan Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Pemukiman,  Kamis (7/12).

“Rusunawa Pemkab Asahan sudah bisa difungsikan. Prioritas peruntukannya khusus masyarakat berpenghasilan rendah. Jadi silahkan masyarakat mendaftar langsung ke kantor yang berada di rusunawa,” kata Surya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, ketua  komisi C di DPRD Asahan Hidayat Nasution. Ia mengatakan rusunawa merupakan penantian panjang masyarakat yang tergolong berpenghasilan rendah khususnya di kota Kisaran selama ini mengharapkan hunian layak dan terjangkau.

Rusunawa merupakan bangunan yang dibangun oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2012 – 2014 terdiri dari empat twin block dimana total hunian sebanyak 396 tempat yang saat ini sudah dalam proses hibah kepada Pemkab Asahan.

Adapun fasilitas yang dimiliki setiap hunian adalah 1 kamar tidur, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi, dapur, dan ruang jemur. Terdapat juga ruang parkir, ruang serba guna yang dapat dijadikan untuk aula kegiatan keluarga, dan memiliki ruang komersil yang bisa disewa untuk tempat usaha warga rusunawa serta dilengkapi dengan Musholla dan terdapat taman disekitar ruang yang luas.

Adapun biaya sewa rusunawa berfariasi untuk lantai I sebesar Rp 75.000, / bulan khusus penyandang difabilitas, lantai II Rp 120.000 / bulan, lantai III 115.000 / bulan, lantai IV 110.000 / bulan dan lantai V Rp 107.000 / bulan, dimana biaya sewa hunian belum termasuk listrik dan air. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *