Pendidikan

Terapkan Hidup Bersih, Siswa SDN 010039 Sentang CTPS

Sumutdaily,Asahan : Kegiatan cuci tangan pakai sabun (CPTS) yang dilakukan oleh ratusan siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 010039 Sentang Kecamatan Kisaran Timur mendapat dukungan pemerintah Kecamatan dan Puskesmas, Rabu (6/12/17) di halaman Sekolah setempat.

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala Puskesmas Mutiara dr. Linda, Ketua TP PKK Kecamatan Kistim diwakili Ketua TP PKK Kelurahan Sentang, Kepala Sekolah dan tenaga pengajar serta siswa/i  di sekolah itu.
Kepala Puskesmas Mutiara Linda mengatakan, kegiatan CPTS dilakukan bekerjasama untuk menyosialisasikan bagaimana cuci tangan yang baik dan benar, sehingga anak anak akan terbiasa melakukannya baik di rumah atau tempat lainnya.
Pantaua Wartawan, Kepala Puskesmas Mutiara dr. Linda tampak memandu melakukan edukasi kepada siswa-siswi, langkah–langkah yang harus dilakukan saat mencuci tangan, pertama ratakan sabun dengan menggosokkan kedua telapak tangan, kedua gosok punggung tangan dan sela – sela jari lakukan pada kedua tangan, ketiga gosok kedua telapak dan sela – sela jari kedua tangan, ke empat gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci, yang kelima gosok ibu jari kiri dengan diputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya, yang ke enam usapkan ujung kuku tangan kanan dengan diputar ditelapak tangan kiri, lakukan juga pada tangan satunya kemudian bilas.

Camat Kecamatan Kisaran Timur Irwandi kepada Wartawan menjelaskan, dalam edukasi akan pentingnya menjaga kesehatan melalui cuci tangan. Dengan adanya pemahaman tentang pentingnya cuci tangan, kami harap siswa–siswi SD Negeri juga mengerti akan pentingnya hidup sehat yang dapat dimulai dari hal mudah, yaitu mencuci tangan.

“Kami merasa senang sekali dapat membantu memajukan dunia pendidikan melalui kegiatan sosialisasi CPTS, sehingga para siswa/i akan lebih nyaman dan bersemangat dalam melakukan aktivitas di sekolah dan diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah,” ujarnya.

Kepala sekolah SD Negeri 010039 Sentang Sukmawati, S.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK, dan Puskesmas yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi kesehatan ini.

Sukma mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan anak anak di masa mendatang. Dengan adanya CTPS di sekolah diharapkan generasi berikutnya sudah terbiasa melakukan pola hidup sehat sesuai dengan visi dan misi Pemkab Asahan yang Sehat.
“Terima kasih saya ucapkan kepada semuanya, kami apresiasi Pemkab Asahan dan ini merupakan sosialisasi pola hidup sehat sejak dini, ke depan anak anak di Asahan akan sehat dan cerdas,” kata Sukma mengakhiri. (azhar).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *