Sumut Today

Peringati Hari Juang Kartika, Korem 023/KS Gelar Karya Bakti

SumutDaily | Sibolga ~ Memperingati Hari Juang Kartika, Korem 023/Kawal Samudera (KS) menggelar kegiatan karya bakti dan donor darah. Kegiatan itu digelar di Pasar Tukka, Kelurahan Tukka, Kecamatan Tukka, Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (5/12/2017).

Hari Juang Kartika TNI AD yang sebelumnya bernama Hari Infanteri khusus diperingati untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Saat itu Jenderal Soedirman sebagaipimpinan pasukan menegaskan perlunya mengusir tentara Sekutu dari Ambarawa secepat mungkin. Pasalnya, Sekutu akan menjadikan Ambarawa sebagai basis kekuatan untuk merebut Jawa Tengah.

Dengan Semboyan ”Rawe-rawe rantas malang-malang putung, patah tumbuh hilang berganti”, pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) memiliki tekad bulat membebaskan Ambarawa atau dengan pilihan lain gugur di pangkuan ibu pertiwi. Pertempuran berakhir dengan kemenangan gemilang dari TKR. Benteng pertahanan Sekutu yang tangguh berhasil direbut pasukan TKR.

Kemenangan pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monument Palagan Ambarawa. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri.

Pada tanggal 5 Desember 2017 para Prajurit Korem 023/KS beserta jajarannya serta pelajar melaksanakan Karya Bhakti TNI ini di wilayah Pasar Tukka, Kelurahan Tukka, Tapteng. Sedangkan sasaran kegiatan membersihkan gereja, masjid, selokan dan parit-parit jalan umum.

Sekitar 130 personel diturunkan untuk membersihkan area tersebut secara bergotong-royong dipimpin langsung Letkol Inf Nelson Rajagukguk.

Sebelumnya, Selasa (4/12/2017) kegiatan Hari Juang Kartika diisi dengan kegiatan donor darah di Rumah Sakit Ferdinand Tobing bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sibolga.

Kasiter Korem 023/KS Letkol Inf Nelson Rajagukguk sebagai koordinator kegiatan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Telegram Pangdam I/BB No ST/4017/2017  tanggal 28 November 2017 tentang  perintah untuk melaksanakan bakti sosial dan karya bakti dalam rangka Hari Juang Kartika TA 2017 di wilayah masing-masing.

“Seluruh Kodim dan Koramil jajaran Korem 023/KS melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan juga merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dan rakyat yang dilaksanakan oleh Korem 023/KS, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat,” tegas Nelson Rajagukguk. (sus/Penrem 023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *