Kesehatan

Peringatan Hari AIDS Sedunia Pemkab Asahan Ajak Warga Tes Kesehatan

Sumutdaily,Asahan : Memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember, Pemerintah Kabupaten Asahan mengajak warga menjalani tes HIV/AIDS dengan memeriksakan diri dan juga meminta warga yang sudah terinfeksi untuk terbuka.

Imbauan ini disampaikan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, oleh dr Aris Yudhariansyah disela peringatan hari AIDS sedunia di gedung serbaguna Kisaran, Sabtu (2/12).

“Dengan begitu jumlah penderita HIV AIDS dapat diketahui dan bisa ditanggulangi,” kata Aris.

Aris juga mengatakan, saat ini ada tiga Puskesmas yang telah ditunjuk Pemerintah Daerah sebagai tempat layanan tes HIV /AIDS.

“Lebih cepat masyarakat melakukan tes HIV/AIDS, lebih cepat ditemukan kasusnya, lebih cepat pula penanganannya dan lebih mudah menekan risiko kematiannya,” ujar Aris kembali.

Koordinator Perawatan Dukungan dan Pengobatan dr. Nini Deritana juga menyebutkan, saat ini data yang ada  di Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manan Simatupang (RSUD HAMS) Kisaran tercatat sebanyak 270 kasus.

“Dari 270 kasus tersebut saat ini masih rutin mengkonsumsi obat, dan yang menjalani pengobatan ada 155 orang dan sisanya tidak lagi menjalani pengobatan sebagian juga ada yang meninggal dunia,”ujarnya.

Penularan HIV/AIDS ibarat fenomena gunung es, yang berarti 1-100 dan sampai saat ini penderita tertinggi penularannya di Kabupaten Asahan akibat injeksi atau suntikan narkoba dan seks bebas.

“Dari dominan penularannya di Asahan ini, maka untuk mengatasi penyakit tersebut perlu kerja sama semua pihak,”jelasnya. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *