Sumut Today

Wabup Asahan Buka Musrenbang Perubahan RPJMD

Sumutdaily,Asahan : Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) terkait perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (27/11).

Perubahan RPJMD dilakukan terkait dengan perubahan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara Evaluasi RRPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Perubahan Permendagri dan juga perubahan struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Asahan sangat berpengaruh terhadap target RPJMD tahun 2016-2021. Hal ini disampaikan kepala Bappeda Zainal Arifin Sinaga dalam penyampaian laporannya.

Dikatakan, perubahan SOTK atau OPD di lingkungan Pemkab Asahan secara langsung merubah setiap target RPJMD yang sebelumnya telah ditetapkan. “Baik itu pada penambahan ataupun pengurangan program pembangunan yang ada,” ujar Zainal.

Untuk itu, dengan adanya Musrenbang ini, lanjut Zainal diharapkan dapat menyaring saran dan pendapat demi menyelaraskan tujuan pembangunan sesuai rancangan RPJMD yang ada.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Asahan yang membuka kegiatan melalui wakilnya H Surya mengatakan melalui Mursenbang ini, diharapkan semua pihak dapat mengungkapkan pemikiran dan sarannya terkait RPJMD .

“Masukan tersebut nantinya akan menjadi penyelaras dan penyempurnaan perubahan RPJMD ini, agar target RPJMD ini dapat berjalan sesuai yang direncanakan,” ujar Surya dalam sambutannya.

“Terdapat beberapa penambahan beberapa program penganggaran, gambaran umum kondisi, pendapatan daerah, analisis isu strategis, visi, misi , tujuan dan sasaran,strategi dan arah kebijakan,” sebut Surya. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *