Kesehatan

Terapkan Hidup Bersih Siswa SD se Kecamatan Tanjungbalai CTPS

Sumutdaily,Asahan : Kegiatan cuci tangan pakai sabun (CPTS) yang dilakukan oleh ratusan siswa sekolah dasar di Kecamatan Tanjungbalai dengan dukungan pemerintah kecamatan, dan puskesmas, dipusatkan di SD 010006 Sei Apung, Kecamatan Tanjungbalai, Senin (27/11).

Kegiatan yang dilakukan bekerjasama UPTD Pendidikan kecamatan, Puskesmas Sei Apung dan Bagan Asahan untuk mensosialisasikan bagaimana cuci tangan yang baik dan benar, diikuti siswa dengan antusias dilapangan sekolah.

Camat Kecamatan Tanjungbalai,Muhammad Indris Hasibuan  menjelaskan, dalam edukasi akan pentingnya menjaga kesehatan melalui cuci tangan. Dengan adanya pemahaman tentang pentingnya cuci tangan, kami harap siswa – siswi SD Negeri juga mengerti akan pentingnya hidup sehat yang dapat dimulai dari hal mudah yaitu mencuci tangan.

Dia juga mengatakan kegiatan sosial kesehatan cuci tangan pakai sabun ini kesekian kali dilaksanakan

“Kami merasa senang sekali dapat membantu memajukan dunia pendidikan melalui kegiatan sosialisasi CPTS ini sehingga siswa akan lebih nyaman dan bersemangat dalam melakukan aktivitas disekolah dan diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah” ujarnya.

Sementara itu, pihak puskesmas tampak melakukan edukasi kepada siswa – siswi, langkah – langkah yang harus dilakukan saat mencuci tangan, pertama ratakan sabun dengan menggosokkan kedua telapak tangan, kedua gosok punggung tangan dan sela – sela jari lakukan pada kedua tangan, ketiga gosok kedua telapak dan sela – sela jari kedua tangan, ke empat gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci, yang kelima gosok ibu jari kiri dengan diputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya, yang ke enam usapkan ujung kuku tangan kanan dengan diputar ditelapak tangan kiri, lakukan juga pada tangan satunya kemudian bilas. Ulasnya.

Kepala sekolah SD Negeri 010006 Sei Apung menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Tanjungbalai Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK  Ny.Ratna Yunita Idris, dan Puskesmas yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi kesehatan ini.

“Semoga kegiatan sosial ini sangat berarti untuk menunjang proses belajar mengajar,” ujarnya. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *