Sumut Today

Korem 023/KS Rutin Gelar Latihan Minggu Militer

SumutDaily | Sibolga ~ Di setiap institusi TNI Angkatan Darat, ada aturan yang mengharuskan pada setiap akhir bulan untuk melaksanakan latihan minggu militer.

Begitu juga di lingkungan Korem 023/Kawal Samudera, Sibolga. Pada Rabu (22/11/2017) pagi, latihan minggu militer kembali digelar dengan mengambil lokasi di Lapangan Apel Makorem 023/KS, Jalan Datuk Itam No.1 Sibolga.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan fisik prajurit, termasuk untuk menjaga reaksi motorik prajurit, digelar usai apel bendera dan dipimpin langsung Dankima Korem 023/KS, Kapten Inf Samosir.

Sebelum melaksanakan latihan fisik, Bintara Pelatih Korem 023/KS, Serka Haryanto mengajak seluruh prajurit untuk melakukan senam pemanasan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya cidera otot saat latihan benar-benar dilakukan.

“Pemanasan ini wajib dilaksanakan oleh para anggota sebelum melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan fisik agar tidak terjadi cidera otot pada saat pelaksanaan latihan,” jelasnya.

Setelah pemanasan, peserta latihan dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian dilaksanakan lari dengan waktu selama 12 menit. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan latihan kecepatan (Speed training) dengan jarak 200 meter.

“Speed training ini sekaligus untuk melatih reaksi yang dimiliki prajurit, dengan aba-aba ‘persiapan…lari’ atau dengan pluit,” urai Serka Haryanto.

Usai speed training, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan latihan kekuatan (strength training). Di sini, pelaksanaan latihan menerapkan sistem pos. Yakni sit up, push up, dan diakhiri dengan full up.

Setiap pos memiliki jarak kurang lebih 200 meter, dan perpindahan dari satu pos ke pos lain dilakukan dengan jogging.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara berulang-ulang dengan intensitas yang terus bertambah. Selain sebagai pelaksanaan aturan di TNI AD, latihan minggu militer ini juga sebagai sarana untuk membina kesehatan, dan kebugaran raga serta pembinaan fisik bagi seluruh personel Korem 023/KS,” papar Serka Haryanto.

Hal senada disampaikan Kasiops Korem 023/KS, Letkol Inf TPL Simbolon. Menurutnya, latihan minggu militer yang rutin digelar setiap akhir bulan di lingkungan Korem 023/KS, juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan prestasi prajurit sebagai abdi negara.

“Kondisi fisik yang prima bagi prajurit merupakan modal utama untuk melaksanakan tugas. Apalagi dengan tuntutan tugas yang semakin beragam dan kinerja untuk lebih profesional, maka setiap pelaksanaan tugas diarahkan untuk dapat memenuhi harapan dari Komando Atas,” kata Letkol Inf TPL Simbolon mengakhiri. (sdc/penrem 023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *