Sumut Today

Meski Banjir, Produksi Padi di Asahan Aman

SumutDaily | Asahan ~ Sejumlah daerah di Kabupaten Asahan tergenang banjir. Meski demikian tidak berpengaruh pada produksi padi di area persawahan di kabupaten itu. Demikian Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Hazahirin, Sabtu (18/11/2017).

“Sejumlah daerah di Kabupaten Asahan terus dilanda banjir, bahkan ribuan rumah warga tergenang air, namun lahan pertanian khususnya areal persawahan tidak ada yang mengalami kerusakan,” ujar Hazairin.

Iapun memastikan tidak ada sawah kita tidak ada yang rusak, cuma tergenang air saja, itupun sudah surut. Banjir hanya terjadi di wilayah bantaran sungai di beberapa daerah Asahan. Hal itu berdampak pada areal pertanian, bahkan saat ini beberapa kelompok petani sudah melakukan pembersihan irigasi akibat banjir.

“Ada sejumlah areal sawah yang terus tergenang air akibat curah hujan yang cukup tinggi. Tapi daerah tersebut telah melakukan panen sehingga tidak sampai merusak persawahan. Artinya banjir sepekan ini tidak mempengaruhi terhadap produksi padi di Asahan,” kata Hazahirin.

Informasi dihimpun, sembari mengatakan luas lahan sawah baku tahun 2017 di Kabupaten Asahan mencapai 9.572 hektare meliputi wilayah di Kecamatan Rawang Panca Arga, Kecamatan Sei Kepayang, Kecamatan Meranti, Kecamatan Silo Laut di Desa Bangun Sari, Kecamatan Simpang Empat, Setia Janji, Kecamatan Pulo Bandring, dan Kecamatan Pulau Rakyat. (Azhar Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *