Kesehatan

Pesan Bupati Asahan Pembangunan dan Pelayanan Bidang Kesehatan Harus Sinergis

Sumutdaily,Asahan : Bupati Asahan Drs. Taufan Gama Simatupang, M.A.P. sangat berharap pembangunan dan pelayanan bidang kesehatan agar dapat bersinergi agar dapat melayani masyarakat secara paripurna (konferehensif).
Hal itu, dikatakan melalui pidatonya yang disampaikan Wakil Bupati H. Surya, B.Sc. dalam acara Pra Survei Akreditasi Puskesmas Kabupaten Asahan, Minggu (19/11/17) di Aula Hotel Marina Jalan Sisingamangaraja Kisaran.
Menurut Bupati, pelayaanan dan  pembangunan di bidang kesehatan, merupakan salah satu program prioritas di Pemkab Asahan, dimana dapat  meningkatnya kualitas, harkat dan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Asahan.
“Meningkatkan pembangunan dan pelayanan di bidang kesehatan menjadi komitmen Pemkab Asahan, namun itu dapat tercapai melalui proses  akreditasi.  Berhasilnya pembangunan kesehatan maka hakikatnya jika terbangun suatu kerjasama yang sinergis antara Pemkab Asahan, stakeholders dan seluruh komponen masyarakat,” kata Wabup, meneruskan pesan Bupati.
Bupati menjelaskan, bahwa akreditasi Puskesmas adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan melalui beberapa tahapan penilaian dan memenuhi standar mutu pelayanan kesehatan yang telah ditetapkan.
“Sesuai dengan Permenkes Nomor 46 Tahun 2015, tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, tempat Praktik Mandiri dokter dan dokter gigi wajib terakreditasi. Dan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatannya harus dilakukan akreditasi secara berkesinambungan minimal tiga tahun sekali,” kata Bupati mengambil petikan dari buku Undang Undang.
Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Aris Yudhariansyah  saat menyampaikan , kegiatan pra survei akreditasi Puskesmas yang dilaksanakan Tahun 2017 terhadap terhadap 8 Puskesmas di Kabupaten Asahan.
“November ini akan menyusul survei akreditasi terhadap  4 Puskesmas yakni, Pukesmas Aek Ledong, Puskesmas Aek Loba, Puskesmas Simpang Empat dan Puskesmas Sidodadi,” jelasnya.
Sedangkan untuk APBD 2018 direncanakan  akan dilakukan survei akreditasi terhadap 14 Puskesmas, sehingga pada masa yang akan datang Puskesmas di Asahan terakreditasi semua,katanya.
“Ini kita laksanakan  terus  agar mutu dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Asahan dapat tercapai secara maksimal, “katanya(Sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *