Peristiwa

Kodim 0210/TU Sosialisasi UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalulintas

SumutDaily | Medan ~ Kodim 0210/TU menggelar sosialisasi UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan raya. Terkait dengan sosialisasi ini juga dilaksanakan kegiatan safety riding bersama TNI/Polri dan sekitar 150 masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (17/11/2017) di Aula Makodim 0210/TU.

Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico Julianto Siagian mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk menjaga keselamatan dalam berlalulintas. Untuk itu Dandim menyarankan agar pemilik kendaraan untuk melengkapi surat-surat kendaraan. “Surat-surat kelengkapan kendaraan memiliki peran penting dan sangat membantu pengendara bila terjadi kecelakaan. Paling tidak pihak Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja bisa membantu agar pengendara mudah untuk mengurus klaim asuransi bila terjadi kecelakaan. Namun yang lebih penting dari itu semua adalah mengikuti aturan yang berlaku dan hati-hati dalam berkendara,” pesan Dandim.

Sementara itu Dan Sub POM Tarutung Kapten CPM Sibuea juga memaparkan tentang kelengkapan yang harus dipenuhi pengendara baik mobil maupun sepedamotor. Kapten CPM Sibuea memaparkan, selain menguasai teknik berkendara, pengemudi juga harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah kelengkapan kendaraan seperti helm SNI (Standar Nasional Indonesia), kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat peantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpon standar dan kedalaman alur ban.

“Setelah semua persyaratan itu lengkap, pengendara juga harus mematuhi rambu-rambu lalulintas dan marka jalan. Bila melanggar semua aturan itu, tentau ada sanksinya, baik sanksi pidana kurungan maupun denda,” kata Kapten CPM Sibuea.

Acara sosialisasi itu juga dihadiri Kasdim 0210/TU Mayor Inf.Kaminton Napitupulu, Mayor Arh.Keles Sinaga, Bagian pelayanan Jasa Raharja TOBASA Hendrik, Kasat Lantas Tapanuli Utara AKP Lambok S Gultom, Dan Sub POM Tarutung Kapt CPM Sibuea, Kadis Perhubungan Taput Erikson Siagian, para Perwira, Bintara, Tantama di jajaran Kodim 0210/Tarutung, Persit KCK Cab.XLIII Kodim 0210 / Tarutung. (sus/penrem 023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *