Peristiwa

Yonkav 6/NK Raih Juara Napak Tilas Hari Pahlawan Sumut

SumutDaily | Medan ~ Regu Batalyon Kavaleri (Yonkav) 6/Naga Karimata (NK) dipimpin Serda Silalahi berhasil keluar sebagai juara pertama lomba napak tilas dalam rangka Hari Pahlawan tingkat Sumatera Utara. Regu Yonkav 6/NK yang berjumlah 11 orang mendapat penilaian terbaik untuk kategori TNI-Polri.

Komandan Yonkav 6/NK, Letkol Kav Syamsul Arifin SE, M. Tr (Han) mengatakan, para prajurit Yonkav 6/NK keluar sebagai juara setelah mengikuti serangkaian kegiatan dalam rangka Napak Tilas Hari Pahlawan. Keberhasilan ini juga menunjukkan para prajurit Yonkav 6/NK begitu menghayati nilai-nilai perjuangan para pejuang Medan Area.

“Inilah yang perlu terus ditanamkan kepada prajurit, sehingga mereka menjadi prajurit yang sadar dan bisa merasakan bagaimana perjuangan para pendahulu mereka dalam merebut kemerdekaan di daerah Medan Area. Melalui napak tilas Hari Pahlawan ini, para prajurit juga bisa merasakan kedekatan dengan rakyat, seperti ketika para pejuang yang bahu-bahu membahu dengan rakyat saat mengusir penjajah dari Tanah Air di masa penjajahan,” kata Letkol Kav Syamsul Arifin.

Lanjut Syamsul, dalam rangka Napak Tilas Hari Pahlawan sebanyak 1.000 peserta dari kalangan TNI-Polri, pelajar SMA, SMK, Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi Kemasyarakatan, pramuka, mahasiswa, KBPP Polri dan Organisasi Etnis/Budaya seperti AMNI, GM Pujakesuma, Pendawa, Joko Tingkir, PSMTI, INTI, termasuk karang Taruna ambbil bagian. Para peserta dilepas Gubernur Sumut HT Erry Nuradi dari halaman kantor Gubsu, Sabtu (11/11/2017) untuk menelusuri rute perjuangan Medan Area.

Penyelenggaraan napak tilas tahun 2017 merupakan rangkaian kegiatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 00.00 Wib tanggal 11 sampai 12 Nopember 2017 dengan jarak tempuh tidak kurang dari 25 Km mengambil rute dari halaman Kantor Gubernur Sumut menuju Lapangan Merdeka, dan dilanjutkan ke Jalan Serdang dengan finish di Markas Brimob Tanjung Morawa. Peserta juga melewati tiga tetengger perjuangan seperti tetengger Masjid Perjuangan di Jalan Serdang.

Peserta Napak Tilas juga mengikuti sarasehan nilai-nilai perjuangan dengan Narasumber DHD 45 serta Legiun Veteran RI dan tokoh sejahrawan. Selain sarasehan, peserta juga mengikuti lomba lagu-lagu perjuangan dan baca puisi perjuangan. Napak Tilas terbagi dalam setiap regu dengan jumlah 11 orang dan peserta juga akan mendapat penilaian regu terbaik TNI-Polri, dan regu terbaik peserta lainnya. (sus/Yonkav 6/NK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *