Peristiwa

Pangkosekhanudnas III Tabur Bunga di Perairan Buoy 5 Belawan

SumutDaily | Medan ~ Unsur TNI di wilayah Sumatera Utara melakukan kegiatan tabur bunga di Perairan Buoy 5 Pelabuhan Belawan, Jumat (10/11/2017). Kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017.

Upacara tabur bunga di laut merupakan ziarah laut seperti halnya ziarah di makam pahlawan dengan maksud menghubungkan batin antara peziarah dengan arwah pahlawan yang gugur di laut.

Ziarah ini berdasarkan rasa hormat dan pernyataan terhadap keluhuran dan jasa almarhum dengan tujuan untuk membangkitkan, mengembangkan dan mempertebal sifat kepahlawanan serta mendoakan agar arwah para pahlawan diterima dan mendapat tempat yang sewajarnya.

Acara tabur bunga di Perairan Buoy 5 Pelabuhan Belawan dalam rangka Hari Pahlawan 2017 ini digelar oleh Lantamal I Belawan. Dengan memanfaatkan KRI Parang-647, para peserta upacara berangkat menuju perairan Buoy 5 pada pukul 07.00 WIB.

Upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Ketua DPRD Provsu H. Wagirin Arman, S.Sos selaku Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Mayor Laut (K) Sujarwo H, Skm.

Tepat pukul 08.10 WIB seluruh peserta upacara mengheningkan cipta, sebagai salah satu wujud penghormatan dan penghargaan bangsa atas jasa-jasa pengabdian serta pengorbanan para pahlawan yang telah gugur dalam merintis, memperjuangkan, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Usai mengheningkan cipta, selanjutnya seluruh peserta upacara dan undangan melarungkan karangan bunga ke laut dipimpin Inspektur Upacara.

Dalam acara tersebut, penaburan bunga juga dilakukan oleh Panglima Kosekhanudnas III, Marsekal Pertama TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr.(Han), Komandan Lantamal I, wakil Walikota Medan, Komandan Wing III Paskhas, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 04-Kosekhanudnas III, Ketua Jalasenastri Lantamal I, beserta perwakilan tiap-tiap FKPD Sumut. (sus/penkosekhanudnas III)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *