Peristiwa

Pangdam I/BB Peringati Hari Pahlawan di TMP

SumutDaily | Medan ~ Peringatan Hari Pahlawan 2017 di Provinsi Sumatera Utara ditandai dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan di Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (10/11/2017).

Ziarah ke makam sejumlah pemimpin di Sumut ini diikuti Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri, Gubsu Erry Nuradi yang bertindak sebagai inspektur upacara, Wakapoldasu Brigjen Pol Adhi Prawoto, Kepala BNN Sumut Brigjen Pol Andi Loedianto, Kajatisu, Ketua PT Medan, Wali Kota Medan, Kakanwil Kemenag Provsu, anggota DPRD Sumut, pimpinan SKPD di jajaran Provsu, para veteran, pelajar, dan Komandan Batalyon Arhanudse 11/WBY, Mayor Arh Tamaji sebagai komandan upacara.

Upacara ini diawali dengan penghormatan umum kepada para pahlawan yang disusul dengan mengheningkan cipta bersama serta peletakan karangan bunga oleh Gubsu. Setelah itu, dilakukan tabur bunga di pusara makam mantan Gubsu, Raja Inal Siregar, berlanjut ke makam mantan Panglima Kodam II/BB, Brigjen (Purn) Abdul Manaf Lubis dan ke pusara makam mantan Gubsu, Marah Halim Harahap.

Gubsu Erry Nuradi dalam amanatnya selaku inspektur upacara menjelaskan, momentum peringatan Hari Pahlawan ini harus dimaknai oleh generasi penerus bangsa dengan melakukan perjuangan di segala sisi, apakah ekonomi, politik, budaya dan lainnya dengan tujuan untuk memajukan Indonesia Raya menjadi lebih berdaulat, adil, dan makmur.

“Sebagaimana pahlawan kita yang sudah gigih memperjuangkan kemerdekaan. Jangan sampai kita tercerai berai karena kepentingan. Jadikanlah ini momentum kita untuk menjaga dan memperkokoh persatuan dan kesatuan serta kebersamaan di Sumut,” papar Erry.

Sementara, Sekretaris DPD Legium Veteran RI (LVRI) Sumut, Subarma mengatakan, dalam peringatan hari Pahlawan Nasional ini diharapkannya dapat menjadi momen untuk kembali mengenang jiwa heroik para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dengan penuh pengorbanan dan mengutamakan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi.

Usai melakukan upacara dan ziarah di TMP Bukit Barisan, rombongan FKPD Sumut menuju ke pusara mantan Gubsu Mayjen TNI (Purn) Tengku Rizal Nurdin di kompleks pemakaman Masjid Raya Medan. (sus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *