Kesehatan

DinKes Asahan Gelar penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Tehnik Sadari

Sumutdaily,Asahan : Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan melakukan penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Tehnik Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri), Jum’at (10/11) yang dulaksanakan di Desa Ofa Padang Mahondang, Kecamatan Pulau Rakyat.

Hadir dalam acara tersebut, kepala Desa Ofa Padang Mahondang, Irwan Lumumba, SH dan ketua TP PKK, Ny. Herlina Irwan Lumumba, kader Posyandu, ibu-ibu, tokoh masyarakat serta pelajar di Desa Ofa Padang Mahondang, dannara sumber Sri Legawati, SST MMKes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan.

“Mari kita Cegah dan Selamatkan Wanita Indonesia Dari Kanker Serviks dan Payudara  Melalui Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Tehnik Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari)”, kata kepala desa menyampaikan sambutannya.

Sementara itu nara sumber , Sri Legawati, SST MMKes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dalam paparannya, bahwa penyuluhan ini tekait dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun2017.

“Tujuannya, tidak hanya ditujukan untuk wanita yang sudah melakukan hubungan seks, tetapi juga untuk remaja – remaja perempuan sehingga dapat melakukan pencegahan lebih dini. Penyuluhan ini juga memberikan petunjuk bagaimana cara mengetahui  apakah seorang perempuan menderita kanker payudara ataupun tidak,”ujar Sri Legawati yang juga merupakan Sekretaris Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten  Asahan.

Menurutnya, wanita siap dibuahi usia 20 tahun. Untuk memperoleh sepasang suami istri mestinya merencanakan terlebih dahulu sebagai persiapan fisik dan mnetal untuk memperoleh kehamilan yang sehat, bahkan sejak sebelum pernikahan. (Azhar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *