Teknologi

Dinas Kominfo Asahan Himbau Masyarakat Registrasi Kartu Telepon Seluler

Sumutdaily,Asahan :Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Asahan menghimbau masyarakat untuk melakukan registrasi SIM card atau nomor telepon seluler.

“Harapan kita masyarakat segera melakukan registrasi kartunya,”, kata Plt Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar kepada awak media di kantornya jalan Mahoni Kisaran  Rabu(1/11/2017).

Dayat menjelaskan,registrasi kartu seluler prabayar merupakan langkah untuk menjamin keakuratan identitas masyarakat.Hal ini berdasarkan Permen Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi,yang kemudian di rubah lewat Permen Kominfo Nomor 14 tahun 2017.

Dalam aturan tersebut ditetapkan bahwa nomor telepon seluler setiap orang di Indonesia harus di Validasi dengan Nomor Induk Kependudukan(NIK) dan nomor Kartu Keluarga(KK) mulai tanggal 31 Oktober 2017 sampai dengan 28 Februari 2018.”Registrasi di mulai semalam 31 Oktober 2017 hingga Februari 2018.Bukan terakhir semalam,”ujar Dayat.

Apabila masyarakat membeli nomor telepon seluler yang baru setelah tanggal tersebut,maka harus melakukan registrasi dengan cara format NIK#NomorKK# kirim ke nomor telepon 4444.Nomor baru tersebut tidak akan bisa di gunakan apabila belum mengirim SMS tersebut.

Sedangkan bagi pengguna lama,harus mengirim SMS dengan format ULANG#NIK#NomorKK# kirim ke 4444 sebelum tanggal 28 Februari 2018.Setelah tanggal tersebut,Kominfo akan melakukan pemblokiran terhadap nomor telepon seluler yang belum melakukan pendaftaran ulang secara bertahap.

“Dengan registrasi,maka kita akan dapat menghindari informasi bohong,menghindari modus penipuan,”ujar Dayat.(Sdc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *