Sumut Today

Satgas TMMD Kodim 0206/Dairi, Berikan Penyuluhan Pertanian

SumutDaily | Pakpak ~ Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0206/Dairi memberikan penyuluhan pertanian kepada warga Desa Perpulungan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Barat, Sumatera Utara, Jumat (20/10/2017). Penyuluhan dilakukan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pakpak Barat.

Kegiatan penyuluhan yang merupakan rangkaian kegiatan program TMMD ke 100 Kodim 0206/Dairi dan masuk dalam sasaran non fisik ini dihadiri sekitar 160 warga. 

Hadir pada acara itu Dandim 0206/Dairi diwakili Pasiter Dim 0206/DR Kapten Inf Anahar Jusar, Kasi Tanaman dan Hortikultura Dinas Pertanian Dairi, Ela Edward Munte,  Danramil 06/Kerajaan Kapten ARM Lisben Situmorang, Kades Perpulungan Amiruddin Habeahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan warga Desa Perpulungan.

Kasi Tanaman Pangan dan Hortikultura Ela Edward Munte (33) memberikan materi tentang pemanfaatan pekarangan rumah. Menurutnya, pekarangan rumah bisa dimanfaatkan untuk tanaman cabe, tomat, sayur dan bawang. "Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, sehingga dapat dinikmati dan menekan pengeluaran. Namun bila diolah secara lebih profesional dapat meningkatkan pendapatan," katanya.

Pada prinsipnya, kata Ela Edward Munthe, dengan pemanfaatan pekarangan rumah tidak memerlukan modal yang besar, praktis dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Selain itu lebih mudah melihat perkembangan tanaman. Apalagi tanaman cabe perlu tiap hari disiram dan pupuk.

"Memanfaatkan pekarangan rumah yang luas di Desa Perpulungan diperlukan kesadaran masyarakat apalagi tanaman sayur-sayuran diharapkan memenuhi  menu makanan yang bergizi," katanya.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Amrin Kabeaken (45) mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0206/DR yang telah menyelenggarakan acara ini. "Acara penyuluhan pertanian seperti ini sangat bermanfaat bagi kami. Selama ini kami tidak mengetahui, ternyata pekarangan rumah juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi menambah  penghasilan dan menambah keindahan pekarangan rumah," ujarnya.

Sementara itu Pasiter yang mewakili Dandim 0206/Dairi mengatakan penyuluhan pertanian sangat penting bagi masyarakat desa Perpulungan karena hampir 100 persen mata pencarian mereka bertani. (sdc/penrem 023)
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *