Sumut Today

Gorong-gorong Sudah Bisa Dilalui, Warga Desa Senang

SumutDaily | Pakpak ~ Selama ini, warga di Desa Perpulungan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumut, selalu merasa kesulitan melintasi jalanan kampung yang kerap kebanjiran bila musim hujan.

Namun, sejak Satgas TMMD Kodim 0206/Dairi membenahi jalanan kampung itu dengan memasang gorong-gorong, kondisinya jadi berubah total. “Jangankan banjir, air pun tak kelihatan lagi, bahkan saat hujan. Ini semua berkat kerja keras prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satgas TMMD Kodim 0206/Dairi,” ucap Ponisan Padang, warga Desa Perpulungan, Selasa (17/10/2017).

Menurut petani berusia 48 tahun ini, jalan kampung setapak yang kerap dilaluinya untuk keluar-masuk ke ladangnya, selalu bermasalah bila hujan turun.

Becek dan lumpur tebal yang menutupi permukaan jalanan setapak itu tak jarang membuat para pelintas, termasuk Poniran harus ekstra hati-hati untuk berkendaraan.

Bila sudah begitu, Poniran pun tak jarang harus mengurungkan niatnya untuk pergi berladang. “Jalanan ini dulunya kerap terputus bila hujan deras. Tapi kini sudah beda. Tak ada lagi banjir, meskipun hujan deras mengguyur,” ucapnya.

Alhasil, Poniran harus mengakui jika Satgas TMMD Kodim 0206/Dairi tidak datang ke desanya, besar kemungkinan jalanan kampung setapak itu masih tetap seperti dulu, dan tak berubah sampai waktu entah berapa lama.

“Terima kasih tak terhingga kepada TNI, khususnya Kodim 0206/Dairi. Berkat karya bakti prajurit, jalanan di kampung kami menjadi enak dilalui, dan tak ada lagi banjir,” katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0206/Dairi yang juga Komandan Satgas TMMD, Letkol Inf Jatmiko Aryanto menjelaskan, pembuatan gorong-gorong memang merupakan satu dari sejumlah target pekerjaan sasaran fisik TMMD.

“Pengerjaannya (gorong-gorong) memang belum 100 persen rampung. Begitupun, hasilnya sudah bisa dirasakan warga, dan kami bersyukur karya bakti personel di lapangan benar-benar bisa memberikan manfaat bagi warga di desa ini,” ucap Letkol Inf Jatmiko Aryanto.

Dengan capaian ini, perwira menengah TNI AD ini berharap seluruh pekerjaan sasaran fisik TMMD ke-100 Kodim 0206/Dairi bisa rampung sesuai tengat waktu yang ditetapkan.

“Sampai sejauh ini, progres pengerjaan sasaran kegiatan fisik mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Mudah-mudahan tidak ada masalah terutama cuaca sehingga lancar dan selesai sesuai rencana dan pada penutupan nanti sudah beres semuanya,” katanya. (sdc/penrem023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *