Sumut Today

Kepsek SDN 035943 Bersyukur Siswanya Dilatih PBB Oleh Satgas TMMD Kodim 0206/Dairi

SumutDaily | Pakpak ~ Kepala Sekolah SD Negeri 035943 Naga Timbul Desa Perpulungan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Barat, Sumatera Utara, Loster Kabeaken terkesan dengan cara personel Satgas TMMD ke-100 Kodim 0206/Dairi melatih siswanya Peraturan Baris Berbaris (PBB). Pelatihan PBB ini dirasa sangat bermanfaat kepada para siswa.

Loster Kabeaken mengucapkan terima kasih kepada TNI, khususnya Satgas TMMD Kodim 0206/Dairi yang telah menyumbangkan ilmu baris berbaris kepada siswanya, Rabu (18/10/2017). 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0206/DR yang telah menyumbangkan ilmunya kepada murid-murid kami di sini. Semoga materi baris berbaris yang singkat tapi sangat berkesan bagi siswa kami dapat bermanfaat sehingga proses belajar mengajar di sekolah kami ini akan semakin lebih baik,” ujar Loster Kabeaken.

Pelatihan PBB kepada para siswa SD dirasa sangat perlu untuk melatih disiplin. Penerapan disiplin kepada anak sekolah perlu dilakukan sejak dini. Baik disiplin secara perorangan maupun kelompok.

Latihan baris berbaris yang dilakukan secara terus menerus, selain dapat menanamkan disiplin juga ampuh untuk menanamkan rasa tanggungjawab terhadap tugas-tugas yang diberikan kepada siswa.

Materi yang disajikan kali ini adalah Latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) meliputi latihan gerakan di tempat dan latihan penghormatan. Gerakan di tempat seperti sikap sempurna di tempat, menghormat yang benar dan sikap istirahat yang sesungguhnya. 

Hal ini bertujuan guna menanamkan kebiasaan dalam tata kehidupan disiplin yang diarahkan kepada terbentuknya suatu watak yang loyal kepada pemimpin atau yang memberi aba-aba.
 
Dengan dilaksanakannya latihan seperti ini diharapkan para murid dapat lebih mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan menanamkan rasa tanggung jawab serta menumbuhkan rasa kebersamaan di antara siswa.
 
Serma Irfan Mawardi sebagai instruktur dalam latihan tersebut mengharapkan agar para siswa dapat mengaplikasikannya dalam berkehidupan, baik di lingkungan sekolah, rumah dan bermasyarakat. "Di samping itu latihan seperti ini juga dapat meningkatkan solidaritas, kekompakan dan kebersamaan dalam proses belajar di sekolah ini,” ucap Serma Irfan Mawardi. (sdc/penrem 023/ks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *