Ekonomi

Danlanal Sibolga Irup Upacara HUT Ke-72 TNI di Lapangan Simare-mare

SumutDaily | Sibolga ~ Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Sri Rakhmadi MTr (Hanla) bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) peringatan HUT ke-72 TNI di Lapangan Simare-mare, Sibolga, Kamis (5/10/2017). Sedangkan Mayor CPM Mugiyana SH yang juga Wadandenpom Sibolga bertindak sebagai komandan upacara.

Dalam sambutannya Danlanal Sibolga membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Menurut Panglima TNI, peringatan ke-72 TNI dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan parade, defile dan demonstrasi aktif kemampuan para prajurit maupun alutsista. Para ini, menurut Panglima TNI, sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada presiden selaku Panglima Tertinggi TNI dan rakyat Indonesia. Sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung sebagai komponen utama pertahanan negara.

"Harapan saya, semoga semua yang ditampilkan dalam rangkaian upacara kali ini dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme prajurit TNI, sehingga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggan seluruh masyarakat Indonesia terhadap TNI," katanya.

Panglima TNI juga menguraikan makna peringatan HUT ke-72 TNI 2017 yang mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Menurut Panglima TNI, makna yang terkandung di dalam tema ini adalah; TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat.

“Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok. Karena ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’ dalam menjaga dan melindungi NKRI,” papar Panglima TNI.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, lanjut Panglima TNI, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (Centre of Gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut.

Di bagian lain amanatnya, Panglima TNI menegaskan bahwa pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana,terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis, dan ketersediaan anggaran.

“Pembangunan pulau terluar berperan sebagai alat pertahanan negara. Yakni di Pulau Natuna, Pulau Yamdena (Kota Saumlaki), Pulau Selaru, Pulau Morotai, Pulau Biak, dan Kabupaten Merauke,” beber Panglima TNI.

Di kesempatan itu, Panglima TNI juga menguraikan hal-hal menyangkut kesejahteraan prajurit. “Pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI melalui peningkatan penghasilan dalam program remunerasi. Di bidang perumahan diwujudkan dalam bentuk rumah susun maupun perumahan nondinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana sehat dengan mendapatkan bantuan untuk meringankan uang muka dari pemerintah,” jelasnya.

Di akhir pidatonya, Panglima TNI mengucapkan; Selamat Ulang Tahun dan Dirgahayu TNI. “Melalui peringatan HUT ini, marilah kita mendekatkan diri dan memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-NYA, serta mendapatkan limpahan kesehatan dan kekuatan guna melanjutkan tugas dan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ucap Panglima TNI.

Hadir pada upacara tersebut para Dandim se jajaran Korem 023/KS, Pjs Kasrem Letkol Inf Nelson Rajagukguk, Dansatgar 234 Sibolga, Letkol (Lek) Bambang Suyanto, Kapolres Sibolga AKBP Benny R Hutajulu SIK, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Hari Setyo Budi, Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga. 

Sebelumnya, dilaksanakan sosio drama perjuangan para pahlawan Sibolga yang diperankan gabungan TNI dan pelajar. (sdc/penrem023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *