Sumut Today

Satnarkoba Polres Pakpak Barat, Sosialisasi Bahaya Narkoba di TMMD Kodim 0206/Dairi

SumutDaily | Medan ~ Satnarkoba Polres Pakpak Barat Ipda Sorik Daulay melakukan sosialisasi bahaya narkoba di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0206/Dairi di Desa Perpulungan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Barat, Rabu (4/10/2017). 

Pada kesempatan itu Ipda Sorik Daulay memperkenalkan narkoba kepada lebih 100 warga dan pelajar. Menurutnya, narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain narkoba, istilah lain yang termasuk dalam bahan berbahaya adalah napza yang merupakan istilah dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif. "Istilah-istilah itu merupakan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," katanya.

Ipda Sorik Daulay juga memaparkan tentang bahaya dan ciri-ciri seseorang yang sudah terlibat dalam penggunaan narkoba. Untuk itu dia mengimbau, bila warga Desa Perpulungan melihat atau mengetahui ada warga yang menggunakan narkoba agar segera melapor ke Satnarkoba Polres Pakpak Barat. "Jika ada warga yang mengetahui atau melihat ada warga Desa Perpulungan menggunakan narkoba agar melapor ke Satnarkoba Polres Pakpak Barat," sarannya.
 
Terkait sosialisasi bahaya narkoba ini, salah satu warga Boru Padang (43) yang ikut sebagai peserta mengatakan sangat berterimakasih. "Terima kasih karena kami telah banyak mengetahui tentang bahaya narkoba, sehingga kami bisa mengawasi anak-anak kami nantinya,” katanya

Sementara itu Danramil 06/Kerajaan Kapten Arm Lisben Situmorang yang mewakili Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Jatmiko Aryanto mengucapkan terimakasih kepada Polres Pakpak Bharat yang telah ikut mendukung kegiatan TMMD Kodim 0206/Dairi. Kepada warga Desa Perpulungan Danramil 06/Kerajaan Kapten ARM Lisben Situmorang meminta agar benar-benar untuk memanfaatkan momen ini. "Narkoba sudah menjadi musuh kita bersama, sehingga kita mengharapkan warga Desa Perpulungan tidak ada yang mengkonsumsi Narkoba, apalagi terlibat dalam perdagangan narkoba," ujar Danramil.

Selain kegiatan fisik, TMMD ke-100 juga mencakup kegiatan non fisik. Salah satu sasaran non fisik adalah membangun kualitas Sumber Daya Manusia untuk menunjang percepatan pembangunan daerah. Oleh karena itu, penyuluhan bahaya narkoba menjadi sangat penting, mengingat Indonesia saat ini dalam situasi darurat narkoba yang dikhawatirkan dapat merusak generasi penerus bangsa. (sdc/Penrem 023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *